Home > Ragam Berita > Nasional > Anies-Sandi dari Bawah ke Atas, Ahok-Djarot dari Atas ke Bawah

Anies-Sandi dari Bawah ke Atas, Ahok-Djarot dari Atas ke Bawah

Jakarta – Setelah hasil quick count Pilkada DKI Jakarta telah diketahui pada 15 Februari 2017 lalu, pendekatan kubu Anies Baswedan-Sandiaga Uno dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat ke kubu Agus Harimuti Yudhoyono (AHY)-Sylviana Murni yang kalah di putaran pertama sudah mulai dilakukan.

Anies-Sandi dari Bawah ke Atas, Ahok-Djarot dari Atas ke Bawah

Empat partai politik pengusung pasangan Agus-Sylvi, yaitu Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN, menjadi incaran dari tim pemenangan kubu Anies-Sandi dan Ahok-Djarot.

Namun demikian, ada perbedaan mendasar dari cara pendekatan kedua kubu yang lolos Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini kepada kubu Agus-Sylvi.

Kubu Anies-Sandi lebih mengutamakan pendekatan dari bawah ke atas, dimana mereka mendekati para pengurus DPC dan ranting. Hal ini dibuktikan dengan dukungan yang diberikan oleh DPC PKB Jakarta Selatan, DPC PAN Jakarta Utara, serta sejumlah DPC PPP di Jakarta.

Meskipun kemudian, DPW PKB membantah dan tidak mengakui dukungan DPC PKB Jakarta Selatan, karena belum ada pernyataan resmi apapun dari DPP PKB terkait dukungan akan diberikan kepada siapa.

Menurut Wakil Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi, Mohamad Taufik, lobi politik dalam rangka meraih dukungan parpol pengusung Agus-Sylvi dilakukan dari bawah ke atas. Dia meyakini strategi seperti ini efektif.

“Kami sepakat untuk garap (dukungan) di tingkat wilayah dulu baru nanti diteruskan ke DPP,” kata Taufik pada Rabu (22/2/2017).

Strategi ini justru terbalik dari yang digunakan oleh kubu Ahok-Djarot.

Menurut Juru Bicara Tim Pemenangan Basuki-Djarot, Bestari Barus, pihaknya lebih fokus berkomunikasi dengan pengurus pusat partai politik pengusung Agus-Sylvi terlebih dahulu. Karena menurutnya, bila DPP telah bersikap maka biasanya pengurus di bawahnya akan menyesuaikan diri.

“Setelah nanti diputuskan pimpinan partai, mereka akan ikut. Kami kan menyasarnya ke DPP mereka. Enggak usah terburu-buru, kami sedang lakukan komunikasi juga. Tunggu saja beberapa hari ke depan mungkin sudah terlihat siapa mendukung siapa,” tutur Bestari pada Minggu (26/2/2017).
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ahok Ikut Sambut Raja Salman, Pedri Kasman : "Jokowi Semestinya Sensitif Dengan Perasaan Umat Islam"

Ahok Ikut Sambut Raja Salman, Pedri Kasman : “Jokowi Semestinya Sensitif Dengan Perasaan Umat Islam”

Jakarta – Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia mau ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis