Home > Ragam Berita > Internasional > Korsel Dapat Izin untuk Gunakan Lapangan Golf sebagai THAAD

Korsel Dapat Izin untuk Gunakan Lapangan Golf sebagai THAAD

Seoul – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akhirnya mendapat restu dari pemilik lapangan golf untuk menempatkan sistem pertahanan rudal THAAD (Terminal High Altitude Area Defense). Lokasi tersebut adalah alternatif setelah lokasi pertama di Seongju ditentang oleh warga setempat.

Korsel Dapat Izin untuk Gunakan Lapangan Golf sebagai THAAD

Militer Negeri Ginseng kemudian berharap penuh kepada Group Lotte selaku pemilik lapangan golf Lotte Skyhill Seongju Country Club. Penunjukkan tempat tersebut sudah dilakukan sejak September 2016 karena dirasa paling pas untuk menangkal serangan rudal Korea Utara (Korut) yang kian meresahkan.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Selasa (28/2/2017), Dewan Pimpinan Lotte International Co. Ltd. dikabarkan telah sepakat untuk mempersilakan pemerintah menggunakan lahannya. Kementerian Pertahanan dan Lotte akan segera meresmikannya lewat perjanjian yang secepatnya ditandatangani pada pagi hari waktu setempat.

Lapangan golf tersebut dipilih sebagai alternatif dengan pertimbangan lokasi yang terletak di dataran tinggi dan kemudahan akses bagi kendaraan militer. Lapangan golf tersebut dinilai tidak memerlukan banyak renovasi yang malah akan menunda penempatan THAAD lebih lama.

Baca juga: Trump Layangkan Proposal untuk Ajukan Peningkatan Anggaran Pertahanan

Namun, penempatan tersebut ditentang oleh China. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang menegaskan kembali hal tersebut dalam konferensi pers di Beijing pada Senin 27 Februari 2017. Ia berpendapat, THAAD tidak akan menolong perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

β€œChina akan melakukan apapun yang dibutuhkan demi kepentingan keamanan nasional. Semua konsekuensi penempatan ditanggung sepenuhnya oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat,” ujar Geng Shuang. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Racun VX Pembunuh Kim Jong-Nam Juga Pernah Dipakai Saddam Hussein Dalam Perang Irak-Iran

Racun VX Pembunuh Kim Jong-Nam Juga Pernah Dipakai Saddam Hussein Dalam Perang Irak-Iran

Jakarta – Misteri terbunuhnya Kim Jong-Nam masih menjadi misteri meski pihak kepolisian Malaysia telah mengungkap ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis