Home > Ragam Berita > Internasional > Kapal Fregat Kembali Dikirimkan Rusia ke Laut Mediterania

Kapal Fregat Kembali Dikirimkan Rusia ke Laut Mediterania

Moskow – Rusia kembali meluncurkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) berupa kapal fregat Admiral Grigorovich ke Laut Mediterania atau Laut Tengah. Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Sevastopol di Semenanjung Crimea yang dianeksasi dari Ukraina pada 2014.

Kapal Fregat Kembali Dikirimkan Rusia ke Laut Mediterania

Rusia Kembali Luncurkan Kapal Fregat

β€œKapal fregat itu akan beroperasi permanen sebagai bagian dari pasukan Angkatan Laut Rusia di Laut Tengah,” ucap juru bicara armada Laut Hitam, Kapten Vyachelav Truhachev, mengutip dari Reuters, Senin (27/2/2017).

Kapal fregat tersebut dilengkapi dengan misil penjelajah. Kapal fregat Admiral Grigorovich sebelumnya juga diluncurkan oleh Rusia pada November 2016 dalam rangka misi di Suriah. Namun, sebagian besar persenjataan untuk misi Suriah sudah ditarik pada Januari 2017 atas perintah Presiden Vladimir Putin.

Admiral Grigorovich adalah kapal pertama dari enam kapal fregat yang ditempatkan oleh Angkatan Laut Rusia pada 2010 untuk armada Laut Hitam. Peran kapal fregat Admiral Grigorovich cukup penting dalam membantu operasi Negeri Beruang Merah untuk menggempur pasukan pemberontak di Suriah.

Baca juga: Korsel Dapat Izin untuk Gunakan Lapangan Golf sebagai THAAD

Pengerahan armada tersebut ke Suriah dilakukan Presiden Vladimir Putin di tengah ketegangan yang semakin memuncak dengan negara-negara Barat pada Oktober-November 2016. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengklaim armada tersebut menambah kapabilitas Rusia bersama dengan 10 kapal lainnya yang sudah dikerahkan terlebih dahulu.

Sekembalinya dari Suriah, kapal-kapal tersebut sempat mendapat pengawalan ketat dari Angkatan Laut Inggris. Menteri Pertahanan Michael Fallon menyebut armada Rusia itu sebagai kapal memalukan karena hanya menambah penderitaan warga Suriah. (Tita Yanuantari – harianindio.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Racun VX Pembunuh Kim Jong-Nam Juga Pernah Dipakai Saddam Hussein Dalam Perang Irak-Iran

Racun VX Pembunuh Kim Jong-Nam Juga Pernah Dipakai Saddam Hussein Dalam Perang Irak-Iran

Jakarta – Misteri terbunuhnya Kim Jong-Nam masih menjadi misteri meski pihak kepolisian Malaysia telah mengungkap ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis