Home > Unik > Misteri > Astronom Sejak Lama Prediksi Mars Dikelilingi Cincin

Astronom Sejak Lama Prediksi Mars Dikelilingi Cincin

California – Saturnus memang terkenal dengan cincinnya. Namun, Planet Mars pun diduga memiliki hal yang sama. Cincin tersebut dinilai baru berbentuk sempurna dalam waktu beberapa ratus tahun ke depan.

Inilah Penjelasan Foto Tentang Jokowi Yang Sempat Dianggap Horor

Planet Mars

Para astronom sudah berpikir sejak lama bahwa Mars bisa dikelilingi oleh cincin yang terbuat dari potongan-potongan batu yang berasal dari Phobos dan Deimos. Namun tidak ada yang pernah melihat cincin tersebut.

Dalam hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh pesawat Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) terkuak bahwa Mars telah dikelilingi awan debu yang kemungkinan tahap pertama pembentukan cincin.

Sebagaimana diberitakan New Scientist pada Senin (27/2/2017), penelitian tersebut juga diperkuat oleh Jayesh Pabari dari Physical Research Laboratory di Ahmedabad, India. Dari pengamatannya, gravitasi Mars mengumpulkan partikel-partikel besar dan membentuknya menjadi cincin.

Jayesh juga menemukan bahwa sebagian besar debu tersebut memang berasal dari luar angkasa, namun sekira 0,6 persen debu justru dari Phobos.

Namun dugaan tersebut dibantah oleh Laila Anderssen, peneliti dari University of Colorado Boulder. Menurutnya, kehadiran debu yang membentuk cincin harus dibuktikan dengan alat detektor canggih.

(Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

 

x

Check Also

Ditanya Kapan Menikah, Zodiak Ini Akan Cuek

Ditanya Kapan Menikah, Zodiak Ini Akan Cuek

Jakarta – Pada waktu liburan hari raya Lebaran seperti ini pasti kita akan sering berkumpul ...