Home > Ragam Berita > Ekonomi > Ditangan Pria Ini, Limbah Kaca Bisa Jadi Perabot Beromset Jutaan Rupiah

Ditangan Pria Ini, Limbah Kaca Bisa Jadi Perabot Beromset Jutaan Rupiah

Yogyakarta – Seorang pria 53 tahun bernama Suyanto yang berdomisili di Yogyakarta menarik perhatian publik dengan profesinya.

Ditangan Pria Ini, Limbah Kaca Bisa Jadi Perabot Beromset Jutaan Rupiah

Hasil Karya Pengrajin Kaca

Ia menghabiskan belasan tahun bekerja di perusahaan swasta ekspor impor di Yogyakarta, sampai akhirnya banting setir menjadi seorang perajin limbah kaca. Hanya dengan modal yang relatif kecil, Suyanto dan istri memberanikan diri membuka usaha pembuatan kerajinan mozzaic kaca dengan label Surya Citra Mozzaic, di Bantul, Yogyakarta.

Serpihan kaca yang biasanya dihindari orang karena tajam, justru menjadi produk bernilai jual di tangan Suyanto. Gabungan dari serpihan kaca diracik menjadi kotak tisu, cermin, vas bunga, kap lampu, jam dinding, kaligrafi hingga gapura pernikahan dengan pola yang menarik.

“Karena waktu itu saya enggak punya finansial, tapi limbah kan tanpa modal. Kalau dilihat dengan harga bahan dan barang yang sudah jadi, perbedaannya cukup signifikan. Tetapi butuh keahlian dan produk yang dihasilkan harus berkualitas,” katanya, saat dihubungi detikFinance seperti ditulis di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Suyanto mengatakan, modal yang dikeluarkan saat memulai usaha sebesa Rp 1 juta untuk membeli mesin amplas. Usaha yang dirintisnya sejak 2010 ini kini terus berjalan, dengan permintaan produk yang dijual mulai dari Rp 10.000 hingga belasan juta rupiah, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

“Dulu satu bulan hanya sekitar Rp 2 jutaan (omzet). Sekarang mungkin 5 sampai 6 kali lipatlah,” tuturnya.

Walaupun produksinya baru skala rumahan, selama kurun waktu kurang dari 7 tahun ini Suyanto mengatakan, produknya telah diminati konsumen mancanegara, contohnya ketika dia mengikuti beberapa pameran kerajinan.

“Kalau dari pembeli cukup banyak. Saat pameran, ada pembeli dari Maroko, Afsel, Jerman, Spanyol, India, Malaysia, China, dan Korea. Produk yang biasa dipesan seperti bingkai foto, vas bunga, kaca, sampai kotak tisu,” ungkap Suyanto. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bank Bisa Dukung Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Namun Ini Syaratnya

Bank Bisa Dukung Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Namun Ini Syaratnya

Jakarta – Salah satu program kerja yang ditawarkan oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis