Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Waspadai 4 Pertanda Nyeri Punggung Mengarah pada Penyakit Serius

Waspadai 4 Pertanda Nyeri Punggung Mengarah pada Penyakit Serius

Jakarta – Nyeri atau sakit di punggung adalah kondisi umum yang dialami banyak orang, dan kadang tak perlu dikhawatirkan. Allen Chen, MD, asisten profesor di Columbia Univesity Medical Center di New York City menjelaskan, nyeri punggung biasanya terjadi karena keseleo otot atau ketegangan, dan akan membaik dengan sendirinya.

Waspadai 4 Pertanda Nyeri Punggung Mengarah pada Penyakit Serius

Nyeri Punggung

Meski demikian, rasa sakit yang berlarut-larut bisa menjadi sinyal bahwa nyeri punggung yang dialami menandakan adanya masalah serius pada kesehatan. Berikut empat pertanda nyeri punggung mengarah ke penyakit serius seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (5/3/2017):

1. Rutin kambuh pada malam hari

Nyeri punggung yang rutin datang pada malam hari, tak membaik bahkan ketika Anda mencoba memperbaiki posisi tidur, sebaiknya diwaspadai. Jangan ragu memeriksakan kondisi Anda karena penyakit infeksi tulang belakang memiliki gejala yang demikian.

2. Sulit menemukan titik sakit

Nyeri punggung yang tidak berbahaya umumnya memiliki satu titik nyeri yang mudah ditemukan, sehingga dengan terapi pijat atau minum obat biasanya akan membaik. Namun, apabila titik sakitnya menyebar dan tak bisa ditemukan, bisa menjadi sinyal serangan jantung, meski bisa juga karena efek terlalu banyak gas lambung.

American Heart Association mengimbau untuk langsung ke UGD apabila merasakan kondisi nyeri punggung yang menjalar hingga rahang, dibarengi dengan mual, perasaan lelah, atau sesak napas.

3. Punggung terasa sangat kaku pada pagi hari

Merasa pegal di area sendi saat bangun tidur merupakan hal yang normal. Namun, jika sampai membuat Anda kesakitan saat bergerak, sebaiknya jangan disepelekan. Chen menjelaskan, sekitar 1,4 persen populasi di dunia berpotensi menderita ankylosing spondylitis, efek dari peradangan arthritis yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: 4 Jenis Makanan yang Bisa Memicu Peradangan

4. Anda punya risiko tinggi patah tulang

Jika Anda pernah mengalami kecelakaan dan minum steroid oral (obat yang memiliki efek samping melemahkan tulang), atau didiagnosa dengan osteopenia dan osteoporosis, itu artinya Anda tak boleh mengabaikan nyeri punggung yang dialami. Rutinlah mengontrol kondisi Anda. Jangan sembarang lakukan olahraga tanpa berkonsultasi dengan dokter. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Waspadai Obat Pelangsing Karena Bisa Merusak Paru-Paru

Waspadai Obat Pelangsing Karena Bisa Merusak Paru-Paru

Jakarta – Wanita manapun pasti mendambakan perut yang rata. Tetapi, usaha untuk mengecilkan perut seringkali ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis