Home > Gaya Hidup > Bahaya! Skip Challenge Bisa Akibatkan Kerusakan Otak Permanen

Bahaya! Skip Challenge Bisa Akibatkan Kerusakan Otak Permanen

Jakarta – Belakangan muncul tren tantangan di kalangan pelajar yang biasa mereka lakukan di sekolah atau di dalam ruangan kelas, yaitu skip challenge. Namun tantangan ini ternyata membawa dampak yang sangat berbahaya yang tidak dipahami oleh mereka-mereka yang melakukannya.

Bahaya! Skip Challenge Bisa Akibatkan Kerusakan Otak Permanen

Menurut Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Harapan Kita, Yoga Yuniadi, skip challenge yang dilakukan dengan cara menekan dada tersebut dapat berakibat menurunnya pasokan oksigen di dalam darah, atau yang biasa dikenal dengan istilah hipoksia.

“Berdasarkan video, yang terjadi adalah penekanan dada yang cukup keras untuk menghalangi upaya napas, tapi tidak cukup keras untuk mengubah pola denyut jantung. Jadi akibatnya kadar oksigen darah menurun,” jelas Yoga, Jumat (10/3/2017).

Bila seseorang mengalami hipoksia, maka yang merasakan dampaknya adalah otak sehingga otak kekurangan oksigen yang berakibat menurunnya kesadaran. Bila hal ini terjadi dalam waktu lama maka akan menyebabkan kerusakan otak.

“Hipoksia otak bila terjadi 4 menit akan menyebaban kerusakan otak yang bersifat permanen,” kata Yoga.

Hal inilah yang kurang dipahami oleh para remaja yang menganggap bahwa skip challenge hanyalah sebuah tantangan biasa.

Di Amerika Serikat sendiri, skip challenge atau passout challenge sudah lama dilakukan sejak 1995 lalu. Menurut data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dari tahun 1995-2007 telah ada 82 laporan media di AS terkait kematian yang disebabkan oleh skip challenge.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tanda-Tanda Sakit Kepala Tak Normal

Tanda-Tanda Sakit Kepala Tak Normal

Jakarta – Pusing atau sakit kepala adalah salah satu kondisi yang rumit untuk dikategorikan. Pasalnya, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis