Home > Ragam Berita > Nasional > Pemprov DKI Mengklaim Proyek Reklamasi Berpotensi Menyerap 1,2 Juta Tenaga Kerja

Pemprov DKI Mengklaim Proyek Reklamasi Berpotensi Menyerap 1,2 Juta Tenaga Kerja

Jakarta – Menurut Pemprov DKI Jakarta, jika 17 pulau reklamasi selesai dibangun, hal tersebut bisa berpotensi menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Potensi tersebut berdasarkan pada Kajian lingkungan hidup Strategis (KLHS) yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI guna melanjutkan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Tuty Kusumawati selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, menjelaskan bahwa pihaknya telah menghitung dampak positif proyek reklamasi bagi penyerapan sumber daya manusia.

Pemprov DKI Mengklaim Proyek Reklamasi Berpotensi Menyerap 1,2 Juta Tenaga Kerja

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati

“Ada potensi manfaat proyek reklamasi (untuk tenaga kerja),” ujar Tuty di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (10/3/2017).

Dalam pembangunan Pulau A dan B dengan luas pengembangan baru seluas 459 hektar, serta pembangunan Pulau C, D, dan E dengan luas 872 hektar, mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 1.000 orang. Penyerapan tenaga kerja tersebut diambil dari penduduk sekitar di Kelurahan Kapuk Muara dan Kelurahan Kalam Muara. Untuk pembangunan Pulau F dengan luas 190 hektar, potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak kurang lebih 300 orang dari Kelurahan Pluit.

Pembangunan Pulau G dengan luas 161 hektar, potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 117 orang. Sedangkan pembangunan Pulau H dengan luas 63 hektar mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 300 orang. Dari kajian yang dilakukan, Tuty memprediksi tenaga kerja yang terserap dari pembangunan delapaan pulau setelah pulau selesai dibangun sebanyak 380.277 pekerja. Untuk pembangunan Pulau I seluas 405 hektar, Pemrov DKI memprediksi potensi penyerapan tenaga kerja sebanyak 687 orang yang berasal dari penduduk Kelurahan Ancol.

Sedangkan untuk pembangunan Pulau K yang seluas 32 hektar sendiri diprediksi sanggup menyerap tenaga kerja sebanyak 140 orang. Pembangunan Pulau J seluas 316 hektar dan Pulau L dan M dengan luas 1.024 hektar yang memerlukan pekerja mencapai ratusan orang.

Baca Juga : Di Amerika Serikat, #SkipChallenge Sudah Merenggut 82 Nyawa

Saat pulau itu selesai dibangun, potensi penyerapan tenaga kerja mencapai 565.865 orang. Sedangkan jika pembangunan Pulau N, O, P, seluas 1.587 hektar telah dibangun, potensi lapangan kerja yang terserap sebanyak 282.091 orang. Total potensi penyerapan tenaga kerja saat 17 pulau selesai dibangun sebanyak 1.228.228 orang pekerja.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anies Tidak Mau Gegabah Menuduh Kedatangan Ketua KPUD DKI Diacara Tim Ahok

Anies Tidak Mau Gegabah Menuduh Kedatangan Ketua KPUD DKI Diacara Tim Ahok

Jakarta – Kedatangan Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno dalam rapat tertutup dengan timses Paslon Gubernur ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis