Home > Travel & Kuliner > Kuliner > Resep : Cara Membuat Kue Pie Susu Yang Lembut Di Mulut

Resep : Cara Membuat Kue Pie Susu Yang Lembut Di Mulut

Jakarta – Kue pie adalah salah satu jenis kue yang populer di Indonesia. Kue pie sendiri merupakan salah satu jenis kue yang umumnya memiliki isian yang bermacam-macam. Kue yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

Resep : Cara Membuat Kue Pie Susu Yang Lembut Di Mulut

Pie Susu

Anda bisa menemukan kue pie di banyak toko kue. Asal usul kue pai berasal dari zaman Mesir Kuno dimana kulit kue pai digunakan untuk melapisi daging agar daging tetap awet. Seiring berjalannya waktu, kulit pai yang awalnya hanya sebagai pembungkus menjadi bagian dari hidangan. Berikut ini resep cara membuat kue pie :

Bahan-Bahan Resep Kue Pie

  • 500 gram tepung roti atau tepung terigu untuk kulit
  • 2 telur ayam. Bisa juga menggunakan telur ayam kampung
  • 1 sendok teh garam atau sesuai selera
  • 250 gram margarin
  • 6 kuning telur ayam
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 200 mililiter air matang

Untuk merek bahan bisa disesuaikan dengan selera, namun pastikan untuk menggunakan yang berkualitas.

Baca Juga : Mahasiswa UNU Lampung Mengolah Ikan Lele Menjadi Cendol

Cara Membuat Kue Pie

Setelah bahan-bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan

  1. Proses yang pertama ialah pembuatan kulit kue pai. Campur 500 gram tepung yang telah disiapkan dengan 250 gram margarin. Bubuhkan garam sesuai takaran resep atau sesuai selera, sebaiknya secukupnya saja. Setelah itu,aduk secara perlahan agar tercampur dengan sempurna.
  2. Selanjutnya, masukkan 2 butir telur (bisa diganti dengan 1 butir telur besar) ke dalam adonan. Aduk adonan dan uleni hingga bahan tercampur dengan rata dan kalis. Adonan yang sudah kalis menandakan bahan sudah tercampur dengan sempurna.
  3. Selanjutnya membuat isian kue pai. Campur 6 kuning telur ayam dengan 1 kaleng susu kental manis dan air 200 mililiter. Campur ketiga bahan tersebut lalu gunakan mixer dengan kecepatan sedang untuk mengaduk rata bahan-bahan tersebut.
  4. Siapkan cetakan kue untuk kulit kue pai. Ratakan kulit kue pai ke permukaan cetakan. Usahakan gunakan tangan agar adonan tidak retak setelah pemanggangan. Kulit pai jangan terlalu tipis tapi jangan pula terlalu tebal.
  5. Isikan isian pai ke dalam adonan kulit yang sudah ditempatkan di cetakan. Isian pai sebaiknya jangan diisi terlalu penuh untuk menghindari isian tidak matang. Untuk variasi bisa ditambahkan potongan buah agar menambah nilai sehat pai.
  6. Panaskan oven dengan suhu sedang. Setelah itu masukan cetakan kue pai ke dalam oven dan tunggu 40-60 menit. Setelah 40-60 menit angkat kue pai dan sajikan.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Green Tea Cookies, Makanan yang Dapat Memberikan Relaksasi

Green Tea Cookies, Makanan yang Dapat Memberikan Relaksasi

Jakarta – Aroma green tea atau teh hijau, memberikan relaksasi dan kesegaran tersendiri. Tak hanya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis