Jakarta – Beberapa hari ini media sosial diramaikan dengan beredarnya beberapa foto dan pemberitaan terkait kecelakaan yang dialami oleh seorang wanita yang mengenakan hijab saat menumpang ojek online karena baju panjangnya terbelit rantai motor.

Tips Aman Berkendara Bagi Para Hijabers

Karena itu, bagi Anda yang mengenakan hijab atau para hijabers, berikut ini beberapa tips aman saat berkendara agar terhindar dari kecelakaan:

1. Jarum Pentul
Hindari menggunakan banyak jarum pentul saat memakai kerudung, terutama di bagian kanan dan kiri karena akan sangat menggangu dan berbahaya bila Anda mengenakan helm. Cobalah terapkan hijab yang simple seperti mengenakan peniti saja di bawah dagu atau kreasi lain yang minim jarum. Pastikan juga kerudung yang Anda kenakan tidak terlalu panjang.

2. Cepol
Bila Anda ingin berkendara dengan motor sebaiknya tidak menggunakan cepol yang terlalu besar terlebih dahulu. Anda bisa memakainya saat sampai di tempat tujuan. Cepol yang besar bisa membuat Anda tidak nyaman selama perjalanan karena harus memakai helm.

3. Baju Terlalu Panjang
Pastikan pakaian Anda jangan terlalu panjang karena berisiko tersangkut di roda atau rantai motor.

4. Kaos Kaki
Kaos kaki tidak hanya berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari tapi juga menyiasati area betis hingga pergelangan kaki yang kerap terekspos secara tidak sengaja saat bepergian naik motor.
(samsul arifin – www.harianindo.com)