Home > Ragam Berita > Nasional > Diah Anggraini Terima Dana dari Pengusaha Pengatur Proyek E-KTP pada 2013

Diah Anggraini Terima Dana dari Pengusaha Pengatur Proyek E-KTP pada 2013

Jakarta – Bila pejabat lainnya banyak yang membantah, tidak demikian halnya dengan Diah Anggraini. Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri ini mengaku menerima uang sebesar USD 500 ribu dari pengusaha pengatur proyek e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Diah Anggraini Terima Dana dari Pengusaha Pengatur Proyek E-KTP pada 2013

E-KTP

Menurut Diah, sejak menerima uang itu pada 2013, dia belum pernah menggunakannya lantaran merasa takut. Diah mengatakan, awalnya dia dihubungi Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Irman. Saat itu, Irman mengatakan bahwa ada sedikit rezeki yang akan dibagikan. Namun, dia tidak menanyakan asal-usul uang tersebut.

“Lalu dia katakan ada tujuh (USD 700 ribu). Tiga untuk beliau, tiga untuk saya, satu untuk Sugiharto,” kata Diah pada Kamis (16/3/2017).

Uang itu dititipkan Irman kepada stafnya untuk diberikan kepada Diah. Selain itu, Andi Narogong juga pernah mengantarkan uang sendiri sebesar USD 200 ribu ke kantor Diah.

Saat itu, Diah menanyakan kepada Andi apakah uang itu terkait proyek e-KTP. Namun, Andi membantahnya dan meminta Diah tetap menerima uang itu. “Dia tinggal di meja kami lalu kami keluar,” kata dia.

Baca juga: Polda Metro Jaya Akhirnya Bebaskan Sri Bintang Pamungkas

Esoknya, Diah menghubungi Irman dan mengatakan bahwa uang yang dia terima terlalu banyak. Diah juga menyampaikan niatnya untuk mengembalikan uang itu, namun Irman melarangnya. “Irman bilang kalau ibu kembalikan sama saja ibu bunuh diri,” ujar Diah menirukan ucapan Irman.

Setelah itu, Diah mengaku terus menyimpan uang yang diterimanya tanpa digunakan untuk keperluan apapun. Uang itu kini telah dia kembalikan ke KPK pada proses penyidikan beberapa waktu lalu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Sandiaga Berharap Rute Alternatif Transjakarta Sukses Urai Kemacetan

Jakarta – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai hari ini melaksanakan pembukaan rute baru untuk mengurangi ...