Home > Teknologi > Internet > Pakar Mengingatkan Video Aksi Bunuh Diri Bisa Menular

Pakar Mengingatkan Video Aksi Bunuh Diri Bisa Menular

Jakarta – Sosok yang mengaku bernama Indra menyedot perhatian netizen dengan video bunuh diri secara live di Facebook. Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan tindakan Indra itu dapat menular dengan cepat ke orang lain.

Pakar Mengingatkan Video Aksi Bunuh Diri Bisa Menular

Bunuh Diri

Reza menyebutkan, manusia memiliki sifat dasar untuk mengimitasi sesuatu. Oleh karenanya, menurut Reza, orang lain dapat terpapar meskipun orang yang menonton aksi Indra tak mengalami depresi ataupun tekanan. Terlebih, video ini masih bisa ditonton dari berbagai sumber meski gambar aslinya sudah dihapus.

“Tapi lebih karena kurang wawasan dan terinspirasi oleh aksi serupa yang pernah ditonton sebelumnya, sehingga melakukan peniruan,” tutur Reza dalam pesan singkatnya, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, di ilmu psikologi, hal itu disebut copycat suicide. Yakni keadaan, di mana orang akan meniru mengakhiri hidupnya meski bukan karena depresi kronis.

“Tak usah tonton. Sebab dengan media sosial, kelakuan bunuh diri seperti ini bisa sangat mudah menular, atau yang disebut suicide contagion,” ungkap Reza.

Dirinya menyebut jika tren bunuh diri ini bisa merebak ke berbagai wilayah, tanpa batasan administrasi. Siapa saja bisa tertular, tua, muda, laki-laki perempuan, remaja ataupun orang dewasa, berpendidikan atau tidak, berpenghasilan fantastis ataupun kelas ekonomi menengah ke bawah.

Dengan demikian, sudah selayaknya masyarakat membatasi atau bahkan menghapus video bunuh diri Indra. Dia khawatir, apabila dibiarkan, aksi serupa akan terjadi kembali.

Baca juga: Kominfo Larang Penyebaran Video Gantung Diri Live di Facebook

“Demi kepentingan bersama, pesan yang paling harus kita garis bawahi adalah, aksi tersebut adalah salah. Salah dan salah! Jadi jangan ditiru,” ujar Reza dengan tegas. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Blogger Ary Yogeswary Tidak Menyangka Curhatannya Dibaca Lebih dari Satu Juta Kali

Blogger Ary Yogeswary Tidak Menyangka Curhatannya Dibaca Lebih dari Satu Juta Kali

Jakarta – Seorang blogger wanita menuliskan curahan hatinya terkait suaminya yang kepergok berselingkuh lewat blog ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis