Home > Gaya Hidup > Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Anda Gemuk

Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Anda Gemuk

Jakarta – Apakah Anda telah berusaha keras untuk menurunkan berat badan namun tidak berhasil juga? Banyak orang juga mengalami yang Anda rasakan. Mereka telah berolahraga, berhenti makan malam, berhenti makan gorengan, tapi hasilnya masih tetap sama.

Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Anda Gemuk

Apa yang salah dengan usaha mereka? Tidak ada yang salah, tapi mungkin kebiasaan-kebiasaan mereka di pagi hari menjadi penyebab gagalnya usaha yang telah dilakukan.

“Kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang ketika mereka berusaha menurunkan berat badan adalah memulai hari dengan cara yang salah,” ujar Susan Peirce Thompson, PhD, presiden dari Institute for Sustainable Weight Loss.

Berikut ini beberapa kebiasaan di pagi hari yang sebaiknya dihindari bila ingin menurunkan berat badan:

1. Bangun Terlambat
Kurang istirahat menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan karena hal ini membuat kadar kortisol di dalam tubuh meningkat. Namun terlalu banyak tidur juga memicu berat badan naik.
Sebuah studi yang telah diterbitkan dalam jurnal PLOS One mengungkapkan bahwa tidur lebih dari 10 jam semalam bisa meningkatkan Indeks Massa Tubuh (IMT) dibanding mereka yang tidur 7 sampai 9 jam per malam. Karena itu, beristiratlah yang cukup, jangan kurang atau lebih.

2. Bersiap Dalam Gelap
Biasakan membuka gorden kamar pada saat pagi hari agar sinar matahari dapat masuk karena sinar matahari dapat membanti Anda membakar kalori. Biarlah tubuh Anda terkena panas matahari pagi selama 20-30 menit setiap harinya.

3. Tidak Merapikan Tempat Tidur
Menurut hasil survei dari National Sleep Foundation, mereka yang merapikan tempat tidur setiap paginya memiliki kualitas tidur 19 persen lebih baik dibanding yang tidak. Degan kualitas istirahat yang baik maka seseorang akan mendapatkan IMT yang lebih rendah.

4. Tidak Menimbang Badan
Penetian dari Cornell University yang melibatkan 162 wanita dan pria yang mengalami obesitas selalu dua tahun mengungkapkan, mereka yang selalu menimbang berat badan secara teratur lebih sukses menurunkan berat badan dan menjaganya.
Sedangkan waktu terbaik untuk melakukan timbangan menurut Lisa Jones, RD dari Pennsylvania Academy of Nutrition and Diebetics, adalah di pagi hari karena berat badan sedang rendah-rendahnya.

5. Tidak Sarapan
Menurut penelitian dari Tel Aviv University, makan di pagi hari dengan gizi seimbang membantu mengontrol rasa lapar sepanjang hari.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Puasa Ternyata Bermanfaat Mencegah Kepikunan

Puasa Ternyata Bermanfaat Mencegah Kepikunan

Jakarta – Awal bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Umat Muslim di seluruh dunia sudah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis