Home > Ragam Berita > Nasional > Pria di Solo Yang Terlibat Penodaan Agama Divonis 1,5 Tahun Penjara

Pria di Solo Yang Terlibat Penodaan Agama Divonis 1,5 Tahun Penjara

Jakarta – Andrew Handoko Putra selaku terdakwa dalam kasus penodaan agama telah dijatuhi vonis hukuman 1 tahun 6 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Semarang. Andrew sendiri memang telah terbukti dengan sengaja merobek kitab suci meski dalam keadaan mabuk atau tidak sadar.

Pria di Solo Yang Terlibat Penodaan Agama Divonis 1,5 Tahun Penjara

Ilustrasi

“Menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun dan enam bulan penjara,” kata hakim Pudji Widodo dalam persidangan, Senin (20/3/2017).

Dalam perseidangan tersebut, Hakim Pudji mengatakan kepada terdakwa bahwa sebagai sarjana kedokteran yang berpendidikan tidak memiliki alasan untuk tidak mengetahui kesalahan yang diperbuat.

“Terdakwa secara pendidikan mempunyai pendidikan tinggi karena sarjana kedokteran, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengetahui. Sehingga unsur kesengajaan terpenuhi,” ujar hakim.

Terdakwa tersebut terbukti telah melanggar pasal 156a KUHP dan memenuhi unsurnya. Unsur yang dimaksud yakni setiap orang dengan sengaja, di muka umum dan mengeluarkan upaya permusuhan terhadap suatu agama ataupun kepercayaan. Hukuman tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yaitu 3 tahun 6 bulan. Atas putusan hakim, kedua belah pihak menyatakan pikir-pikir.

Baca Juga : Sri Mulyani Dipanggil KPK Terkait Kasus Ini

“Dapat disimpulkan merobek Alquran dan terjemahannya itu menyinggung perasaan umat Islam dan memenuhi unsur penodaan agama,” imbuh hakim.

(bimbim – harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua MPR Yakin Pemerintah Konsisten Tunda Pembahasan RUU Pertembakauan

Ketua MPR Yakin Pemerintah Konsisten Tunda Pembahasan RUU Pertembakauan

Jakarta – Presiden Joko Widodo dikabarkan menunda pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pertembakauan. Itu disampaikan saat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis