Home > Ragam Berita > Nasional > Ibukota Negara Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta ?

Ibukota Negara Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta ?

Jakarta – Presiden Joko Widodo pernah mengeluarkan sebuah wacana terkait pemindahan ibukota ke Palangkaraya. Mungkin sempat terbesit di dalam benak Presiden Jokowi bahwa Jakarta sudah tidak lagi cocok jadi ibukota negara. Namun, apabila ibu kota benar-benar dipindah, lantas karakteristik kota apakah yang cocok untuk Jakarta dengan segala kesemrawutannya?

Ibukota Negara Pindah, Bagaimana Nasib Jakarta ?

DKI Jakarta

“Jakarta cocok jadi kota bisnis, kota dagang gitu ya. Kayak New York atau LA (Los Angeles),” ujar Pakar Tata Kota dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Denny Zulkaidi, Sabtu (18/3/2017).

Denny menjelaskan bahwa sebenarnya jika berkaca dari negara-negara maju di luar negeri, pusat pemerintahan itu dipisahkan dengan daerah bisnis. Denny pun mencontohkan negara adidaya, Amerika Serikat. Kota bisnis yang begitu luas terpusat di New York. Sedangkan, ibukotanya sendiri terletak di Washington DC, sebuah kota yang tak begitu besar. Begitu pun untuk tingkat provinsinya. Kota besar dan ibukota seyogyanya dibuat terpisah

“Pusat pemerintahan dengan bisnis ya jangan terlalu dekatlah. Kalau bisnis ya jalan aja sendiri. Enggak perlu support, backup, beking dari pejabat,” terangnya.

Baca Juga : Orang Dekat Soeharto Bantah Klaim Pihak Ahok Telah Didukung Probosutedjo

“Misalnya di California, itu kota besarnya Los Angeles, tapi ibukotanya Sacramento. Kalau kita kan banyak yang merangkap, ibukota sekalian kota besarnya. Surabaya contohnya ibukota plus kota besarnya di Jawa Timur,” paparnya.

“Yang di Indonesia kan susahnya pusat bisnis sama pemerintahan sangat dekat,” tandasnya.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Warga Dogiyai Imbau MK Segera Selesaikan Kasus Hilangnya Berkas Sengketa Pilkada

Warga Dogiyai Imbau MK Segera Selesaikan Kasus Hilangnya Berkas Sengketa Pilkada

Jakarta – Sejumlah masyarakat Dogiyai menggelar unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis