Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mitos Payudara Kecil Hasilkan ASI Sedikit

Mitos Payudara Kecil Hasilkan ASI Sedikit

Jakarta – Mitos terkait ukuran payudara ibu yang konon berpengaruh terhadap produksi ASI mendapatkan tanggapan dari ahli. dr Margareta Komalasari, SpA dari Brawijaya Women and Children Hospital menyatakan jika masih ada ibu baru yang takut produksi ASI-nya sedikit karena memiliki payudara kecil. Padahal menurutnya anggapan tersebut sama sekali tak berdasar.

Mitos Payudara Kecil Hasilkan ASI Sedikit

Susu dan Bayi

“Itu mitos. Tidak ada hubungan antara ukuran payudara dengan banyak atau tidaknya produksi ASI,” tutur dr Atha, begitu dirinya biasa disapa, dalam seminar Mothercare Parenting Club di Plaza Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (19/3/2017).

Ketika menyusui, hormon prolaktin memegang peranan penting dalam proses produksi ASI. Prolaktin dikatakan oleh dr Atha bisa juga dibilang sebagai pabrik ASI. Namun prolaktin tidak bisa bekerja sendiri. Ia juga harus didukung oleh hormon oksitosin.

Baca juga: Tahukah Anda, Biji Semangka Ternyata Memiliki Banyak Manfaat

“Oksitosin ini yang disebut sebagai love hormone. Jadi kalau oksitosin tinggi, ibunya gembira, nggak stres, nggak sakit, nggak capek, suaminya mendukung, nah ini yang bisa membuat produksi ASI-nya banyak,” pungkasnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Obat Pelangsing Ini Picu Osteoporosis

Jakarta – Mayoritas orang lebih tertarik menjadi langsing dengan cara instan. Bahkan, mereka tidak segan ...