Home > Ragam Berita > Nasional > Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif menyatakan revisi UU KPK, yang kini sedang dipersiapkan oleh DPR RI, belum mendesak untuk dilakukan. Dia beralasan UU tersebut masih menjamin kinerja KPK efektif dalam memberantas kejahatan rasuah.

Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Laode justru khawatir revisi UU KPK menjadi pintu masuk untuk melumpuhkan kewenangan Komisi Antikorupsi dan menghambat gerakan pemberantasan korupsi.

“Pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK masih cukup efektif sehingga tidak perlu dilakukan revisi UU KPK. Upaya revisi UU KPK yang dilakukan pada saat ini akan berdampak sistematis terhadap melemahnya gerakan pemberantasan korupsi,” ujar Laode pada Senin (20/3/2017).

Baca juga: Inilah Tanggapan Anies Terkait Sindiran Djarot

Salah satu isu yang ia soroti adalah terkait penyadapan. Menurut Laode, kewenangan penyadapan KPK hanya perlu diatur secara khusus di sejumlah aturan turunan undang-undang dan tak perlu dihapus lewat revisi UU KPK.

“Sebenarnya tidak masalah kalau kami izin ke pengadilan, tapi bagaimana kalau yang terlibat itu justru panitera atau hakim sendiri, pasti ada konflik kepentingan. Kalau kami menyadap itu berdasarkan pro justicia, bukan dilakukan sembarangan,” kata Laode. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Total Korban Ledakan Bom Kampung Melayu Menjadi 11 Orang

Total Korban Ledakan Bom Kampung Melayu Menjadi 11 Orang

Jakarta – Informasi terakhir yang berhasil dihimpun terkait jumlah korban akibat ledakan bom di Terminal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis