Home > Ragam Berita > Nasional > Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif menyatakan revisi UU KPK, yang kini sedang dipersiapkan oleh DPR RI, belum mendesak untuk dilakukan. Dia beralasan UU tersebut masih menjamin kinerja KPK efektif dalam memberantas kejahatan rasuah.

Laode M. Syarif : Revisi UU KPK Bisa Menghambat Pemberantasan Korupsi

Laode justru khawatir revisi UU KPK menjadi pintu masuk untuk melumpuhkan kewenangan Komisi Antikorupsi dan menghambat gerakan pemberantasan korupsi.

“Pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh KPK masih cukup efektif sehingga tidak perlu dilakukan revisi UU KPK. Upaya revisi UU KPK yang dilakukan pada saat ini akan berdampak sistematis terhadap melemahnya gerakan pemberantasan korupsi,” ujar Laode pada Senin (20/3/2017).

Baca juga: Inilah Tanggapan Anies Terkait Sindiran Djarot

Salah satu isu yang ia soroti adalah terkait penyadapan. Menurut Laode, kewenangan penyadapan KPK hanya perlu diatur secara khusus di sejumlah aturan turunan undang-undang dan tak perlu dihapus lewat revisi UU KPK.

“Sebenarnya tidak masalah kalau kami izin ke pengadilan, tapi bagaimana kalau yang terlibat itu justru panitera atau hakim sendiri, pasti ada konflik kepentingan. Kalau kami menyadap itu berdasarkan pro justicia, bukan dilakukan sembarangan,” kata Laode. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...