Home > Ragam Berita > Nasional > Enam Panglima ISIS lantaran Gempuran Pasukan Irak di Mosul Barat

Enam Panglima ISIS lantaran Gempuran Pasukan Irak di Mosul Barat

Mosul – Pasukan Pemerintah Irak, yang memerangi petempur IS, merebut kembali lebih banyak wilayah di pusat Kota Kuno Mosul, sementara serangan udara koalisi internasional terhadap posisi IS menewaskan enam pemimpin kelompok itu.

Enam Panglima ISIS lantaran Gempuran Pasukan Irak di Mosul Barat

ISIS

Helikopter-helikopter angkatan bersenjata Irak menggempur posisi-posisi ISIS di dalam Kota Tua, Mosul barat, ketika pasukan darat Irak bertempur sengit dari jalan ke jalan untuk mengurung jantung pertahanan ISIS dan simbol kekuatan ISIS di Irak, Masjid al-Nuri.

Serangan udara pasukan koalisi internasional pimpinan AS dilancarkan di Daerah Souq Ash-Shaareen di pusat kota yang dikuasai IS di Mosul Barat, yang oleh warga setempat dikenal dengan nama Tepi Kanan Sungai Tigris, yang membelah Mosul, kata pernyataan Komando Operasi Gabungan (JOC).

Serangan udara koalisi pimpinan AS yang mendukung pasukan Irak dalam kampanye merebut kembali Mosul itu juga menewaskan enam militan asing yang menjadi para panglima di front barat Mosul, termasuk seorang asal Rusia yang menjadi pemimpin senior ISIS, kata menteri pertahanan Irak.

Baca juga: Polisi Malaysia Masih Rahasiakan Tokoh Utama Pembunuhan Kim Jong-nam

Warga kota Mosul segera mengungsi dari daerah-daerah pertempuran dan kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak. “Polisi Federal dan pasukan Reaksi Cepat melanjutkan serangan ofensifnya setelah operasi dihentikan akibat cuaca burul. Pasukan ini punya target merebut kembali bagian-bagian Kota Tua yang belum dikuasai,” kata seorang juru bicara polisi sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (20/3/2017).

Perang merebut kembali benteng terkuat terakhir ISIS di Irak itu sudah memasuki bulan keenam. Pasukan Irak sejauh ini sudah menduduki kembali seluruh bagian timur kota Mosul, dan separuh dari bagian barat Mosul. Kini mereka fokus menguasai Kota Tua. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Dinilai Janggal, Anies Rombak Delapan Pergub

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada delapan peraturan gubernur (pergub) yang dikeluarkan ...