Home > Ragam Berita > Internasional > ISIS Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan

ISIS Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan

Jakarta – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang dulu ditakuti sebagai kelompok teroris terorganisir dengan sumber dana yang melimpah, kini dikabarkan sedang berada di ambang kebangkrutan seiring kekalahan-kekalahan mereka di medan pertempuran.

ISIS Dikabarkan di Ambang Kebangkrutan

Dilansir dari Sky News, Selasa (28/3/2017), mantan Menteri Keuangan Irak Hoshyar Zebari mengatakan bahwa ISIS kini bahkan kesulitan untuk membayar tentara bayaran yang mereka datangkan dari luar negeri.

“Setiap hari, ISIS harus mengeluarkan USD 3 juta (Rp 40 miliar) sampai USD 5 juta (Rp 66 miliar) untuk keperluan perang serta operasional lain. Dulu, nilai itu tidak ada apa-apanya bagi mereka. Tapi kini, kondisinya berbeda. Mereka nyaris bangkrut,” tutur Zebari.

Zebari juga menjelaskan, ISIS selama ini mempunyai sumber dana yang mereka dapatkan dari pungutan pajak, memeras penduduk sipil, merampok bank, merampas dan mencuri benda-benda bersejarah, dan menyelundupkan minyak mentah.

”Namun, kekalahan mereka di banyak wilayah, semakin mengisolasi mereka dari seluruh kegiatan perekonomian. Terutama ketika mereka terusir dari Mosul, Irak, yang sangat memukul serta mengakhiri kekhalifahan ISIS,” tandas Zebari.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Polres Jakarta Timur Bentuk Satgas Rajawali Dengan Kemampuan Bela Diri dan Menembak

Polres Jakarta Timur Bentuk Satgas Rajawali Dengan Kemampuan Bela Diri dan Menembak

Jakarta – Bila di Polresta Depok mempunyai Team Jaguar yang cukup ditakuti oleh pelaku kejahatan, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis