Chimay – Sapi milik salah seorang peternak asal Chimay, Belgia ini diberi minum bir setiap harinya. Hal tersebut diklaim agar daging sapi enak seperti sapi di Jepang. Peternak bernama Hugues Derzelle tersebut meyakini bahwa bir jadi salah satu rahasia daging sapi lezat. Dalam beberapa bulan terakhir, ia pun memberi sapi peliharaannya 4 liter dark beer setiap hari, sebagaimana yang dikabarkan oleh Oddity Central (30/3/2017).

Demi Daging Berkualitas, Peternak Ini Berikan Bir Untuk Sapinya

Huguez Derzelle dan Sapinya

Menurut Derzelle, dirinya memiliki ide seperti itu usai membaca kalau produsen sapi Kobe Jepang memijat sapinya, memutarkan musik menenangkan dan memberi minum bir. Meski kabarnya hal tersebut hanyalah mitos, tapi Darzelle sangat mempercayainya.

“Saya berkata pada diri sendiri: jika orang Jepang memberi sapinya bir, memijatnya dan memainkan musik untuk mereka agar menghasilkan daging berkualitas, kenapa saya tidak mengadopsi sedikit sistem produksinya di sini dan menjadikannya ‘buatan Walonnia’?” jelas Darzelle.

Darzele mulai memberi 4 liter dark beer lokal Sara de Silenrieux pada dua sapinya, sejak bulan November silam. Sebagai upaya agar meningkatkan marbling daging sekaligus rasanya. Sara de Silenrieux sebenarnya merupakan bir gelap yang cukup kuat. Kandungan alkoholnya 5% per volume.

Baca Juga : Kecantikan Penjual Bakpao Ini Menjadi Viral Di Dunia Maya

Tapi Derzelle mengklaim bahwa sapinya tidak dalam bahaya mabuk akibat mengkonsumsi bir. Pasalnya, bakteri dalam rumen sapi segera memetabolisme sebagian besar alkohol dari bir tersebut. Hanya sangat sedikit yang mencapai aliran darah sapi.

(bimbim – harianindo.com)