Home > Ragam Berita > Nasional > Peneliti LIPI : “Simbol Tentang Negara Islam Ditampilkan di Ruang Publik Saat Pilkada DKI”

Peneliti LIPI : “Simbol Tentang Negara Islam Ditampilkan di Ruang Publik Saat Pilkada DKI”

Jakarta – Salah seorang peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amin Mudzakkir menjelaskan bahwa ide tentang negara Islam muncul dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Amin menilai bahaya paten ide negara Islam sebenarnya tidak pernah hilang. Namun, kemunculan ide itu tinggal menunggu kesempatan.

Peneliti LIPI : "Simbol Tentang Negara Islam Ditampilkan di Ruang Publik Saat Pilkada DKI"

Amin Mudzakkir (kiri)

“Saya kira pilkada Jakarta adalah momentum luar biasa karena simbol-simbol yang secara langsung mengacu pada negara Islam ditampilkan di ruang publik,” kata Amin di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (3/4/2017).

Amin melanjutkan bahwa bendera, gambar, dan kalimat mengenai negara Islam dimunculkan. Kendati demikian, dia menjelaskan, ide mengenai negara Islam saat ini mungkin berbeda dengan di tahun 1950-an silam. Menurut Amin, NKRI Syariah yang digagas Ketua Front Pembela Islam Rizieq Shihab tidak ada bedanya dengan negara Islam.

“Namun, tujuannya kurang lebih sama, meskipun tidak harus mengubah Pancasila,” tutur Amin.

Baca Juga : Survey LIPI, Banyak Warga Memilih Gubernur Karena Faktor Agama

“Dalam praktiknya gagasan-gagasan negara Islam itu dapat dipraktikkan dalam kehidupan politik dan hukum Indonesia,” ucap Amin.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Menurut Aturan, JK Tidak Boleh Lagi Mencalonkan Diri Menjadi Wapres

Menurut Aturan, JK Tidak Boleh Lagi Mencalonkan Diri Menjadi Wapres

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla tidak diperbolehkan lagi mencalonkan diri menjadi wakil presiden ...