Jakarta – Tim Anies-Sandi membantah bahwa lagu “Kobarkan Semangat” menjiplak lagu band asal Israel, Gad Elbaz, yang berjudul “Hashem Melech 2.0”. Namun mereka mengakui bahwa “Kobarkan Semangat” mirip lagu Arab yang berjudul “C’est La Vie” yang dinyanyikan oleh Cheb Khaled.

Situs Anies-Sandi Akui Kobarkan Semangat Mirip Lagu C’est La Vie dari Khaled

“Tidak mungkin lagu Kobarkan Semangat Indonesia menjiplak lagu band Israel, karena lagu Kobarkan Semangat Indonesia diterbitkan lebih dulu yaitu pada April 2014 sedangkan lagu band Israel baru diterbitkan Januari 2016.

Justru lagu Kobarkan Semangat Indonesia lebih mirip dengan lagu C’est La Vie (Inilah Hidup) oleh Cheb Khaled, pria kelahiran Aljazair, 29 Februari 1960, dan lagu tersebut diterbitkan pada September 2012,” demikian yang tertulis di dalam situs jakartamajubersama.com pada Kamis (6/4/2017).

Dari data di Wikipedia memang tertulis, lagu Hashem Melech 2.0 dibuat berdasarkan irama dari lagu C’est La Vie.

“Hashem Melech” (meaning: “God is the King”; in Hebrew: “ה’ מלך”) (The song’s melody is based on that of “C’est la Vie” by Khaled).

“Hashem Melech” (atau dalam tulisan Bahasa Ibrani “ה’ מלך”) adalah lagu puji-pujian kepada Yehovah dalam Bahasa Ibrani yang dipopulerkan oleh Gad Elbaz, penyanyi berdarah Yahudi dari Rehovot, Israel, pada tahun 2013. Hashem Melech berarti “Tuhan adalah Raja”. Pada tahun 2016, ia meluncurkan ulang lagu ini dengan judul “Hashem Melech 2.0” bersama rapper Nissim.

Sedangkan lagu “C’est la vie”, dalam bahasa Perancis berarti “That’s life” dinyanyikan oleh Khaled dan dirilis pada 2012.
(samsul arifin – harianindo.com)