Home > Ragam Berita > Nasional > DPR Berharap Seluruh Warga DKI Bisa Gunakan Hak Konstitusi

DPR Berharap Seluruh Warga DKI Bisa Gunakan Hak Konstitusi

Jakarta – Putaran kedua Pilgub DKI 2017 bakal segera berlangsung. Karena itu, anggota Komisi II DPR RI Yandri Susanto berharap agar tidak ada lagi DPT yang tercecer. Tujuannya, masyarakat Ibu Kota bisa menggunakan hak konstitusinya.

DPR Berharap Seluruh Warga DKI Bisa Gunakan Hak Konstitusi

Pilgub DKI

Jika memang hal itu terjadi, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menyatakan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI melanggar konstitusi yang berlaku.

“Ya, itu memang melanggar hak konstitusi. Memang hak memilih hak mendasar warga negara maka tidak boleh ada yang tercecer,” ujar Yandri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 6 April 2017.

Oleh karena itu, Yandri meminta pada KPU DKI terus melakukan pemutakhiran jumlah pemilih sebelum hari pemungutan suara tiba. Tujuannya, agar semua warga bisa memilih pemimpinnya.

“Nah kewajiban KPU menyisir sebelum hari H toh memang kalaupun memang tak terdaftar DPT, UU katakan DPT itu bukan kewajiban untuk memilih kalau misalkan mereka sudah punya e-KTP, surat keterangan, dan perekaman bisa memilih enggak ada masalah,” ujarnya.

Baca juga: KPU Nilai DPT Telah Menjadi Masalah Krusial sejak Lama

Sebagaimana diberitakan, KPU DKI menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) tingkat provinsi untuk pencoblosan pada Pilgub DKI Jakarta putaran kedua yang berlangsung 19 April 2017.

Rapat pleno yang dipimpin langsung oleh ketua KPU DKI Sumarno itu menetapkan sebanyak 7.218.280 orang sebagai DPT di Pilgub DKI Jakarta putaran kedua dan menetapkan 13.034 tempat pemungutan suara (TPS) yang akan tersebar di seluruh wilayah Ibu Kota. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mengerikan, Pemotor Terobos Mapolres dan Lukai Polisi

Mengerikan, Pemotor Terobos Mapolres dan Lukai Polisi

Banyumas – Baru-baru ini, ada sebuah kejadian yang tragis. Seorang pengendara motor tak dikenal tiba-tiba ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis