Home > Gaya Hidup > Kesehatan > 4 Makanan Super Pencegah Radikal Bebas

4 Makanan Super Pencegah Radikal Bebas

Jakarta – Radikal Bebas adalah molekul berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius semisal kanker. Zat yang berasal dari asap rokok dan radiasi lingkungan juga dapat menyebabkan radikal bebas.

4 Makanan Super Pencegah Radikal Bebas

Wortel

Oleh karenanya, sangatlah penting untuk mengetahui makanan-makanan yang mampu membantu mencegah, menetralisir, dan membasmi radikal bebas guna mencegahnya merusak DNA dan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.

Berikut adalah makanan yang mampu mencegah radikal bebas seperti dilansir dari metrotvnews.com, Senin (10/4/2017):

1. Makanan mengandung beta karoten
Beta karoten adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menetralisir dan mencegah radikal bebas. Makanan dengan beta karoten pada umumnya berwarna oranye cerah yaitu wortel, labu, dan ubi.

The International Food Information Council Foundation seperti dilansir Livestrong.com melaporkan bahwa makanan dengan beta karoken juga dapat meningkatkan pertahanan tubuh sehingga mampu mencegah pembentukan radikal bebas. Selain wortel, labu, dan ubi, jeruk mangga, melon juga mengandung antioksidan.

2. Makanan mengandung vitamin C
Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Makanan yang kaya kandungan vitamin C di antaranya jeruk, stroberi, tomat, nanas, pepaya, brokoli, dan bayam.

3. Makanan mengandung vitamin E
Menambahkan vitamin E untuk diet harian Anda adalah cara lain untuk membantu mencegah pembentukan radikal bebas, serta membantu menetralisir yang telah terbentuk.

Vitamin E adalah nutrisi lain yang memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari radikal bebas dan membantu perbaikan DNA. Makanan kaya vitamin E di antaranya kacang-kacangan, selai kacang, minyak sayur, biji-bijian, gandum, beras merah, oatmeal, dan sayuran berdaun hijau gelap.

Baca juga: 6 Tanda Tubuh Kekurangan Potasium

4. Makanan dengan selenium
The National Cancer Institute mencatat bahwa makanan yang mengandum selenium berperan penting dalam mencegah radikal bebas. Selenium terdapat pada makanan serta produk hewan yang mengandalkan pakan yang kaya selenium.

Kacang Brasil adalah salah satu sumber selenium terbaik. Sementara, oatmeal, beras merah, ayam, telur, bawang, gandum, biji-bijian, dan sayuran juga menyediakan dosis yang sehat untuk mencegah radikal bebas. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

10 Khasiat Minum Teh Herbal di Pagi Hari

10 Khasiat Minum Teh Herbal di Pagi Hari

Jakarta – Apabila Anda adalah seseorang yang gemar minum teh, maka Anda mungkin tahu bahwa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis