Home > Ragam Berita > Nasional > Fahri Hamzah Minta Jokowi Batalkan Pencekalan Pada Setya Novanto

Fahri Hamzah Minta Jokowi Batalkan Pencekalan Pada Setya Novanto

Jakarta – DPR RI menyatakan sikap resmi terkait pencekalan ke luar negeri terhadap ketuanya Setya Novanto, oleh Direktorat Jenderal Imigrasi sesuai permintaan dari penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Fahri Hamzah Minta Jokowi Batalkan Pencekalan Pada Setya Novanto

Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyatakan, mereka telah menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang dihadiri para pimpinan fraksi, Selasa (11/4/2017) malam. Hanya pimpinan fraksi Hanura serta Demokrat yang tidak hadir.

Rapat itu salah satunya menyikapi pencekalan Ketua DPR Setya Novanto ke luar negeri, sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Apalagi dalam sidang paripurna Selasa pagi, ada surat berisi nota keberatan dari Fraksi Partai Golkar atas pencegahan ketua dewan.

Denngan demikian, nota keberatan itu saat ini menjadi sikap DPR secara kelembagaan setelah diputuskan dalam rapat Bamus beberapa saat lalu.

“Kesimpulannya kami akan bersurat kepada presiden (Joko Widodo), sebagai atasan kemenkumham (ditjen imigrasi) untuk membatalkan surat pencekalan yang sudah keluar,” ucap Fahri.

Politikus asal PKS tersebut menjelaskan, keputusan DPR meneruskan nota protes Fraksi Golkar, karena pencekalan itu tidak mempertimbangkan posisi Novanto sebagai pimpinan dari sebuah lembaga negara.

Baca juga: JPU Berusaha Membuat Tuntutan Maksimal Untuk Ahok

“Faktanya saudara Setya Novanto adalah ketua DPR yang secara kelembagaan sesuai UU 17/2014 tentang MD3, memiliki posisi yang penting dalam struktur ketatanegaraan kita,” pungkasnya. (Yayan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terkait Tudingan Kafir, Cak Nun Ambil Contoh Gethuk dan Kripik

Terkait Tudingan Kafir, Cak Nun Ambil Contoh Gethuk dan Kripik

Kudus – Salah seorang budayawan asal Jombang, Emha Ainun Nadjib meminta masyarakat untuk belajar dari ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis