Home > Ragam Berita > Nasional > Tokoh Muda NU Mengecam Pengusiran Djarot dari Masjid Usai Shalat Jumat

Tokoh Muda NU Mengecam Pengusiran Djarot dari Masjid Usai Shalat Jumat

Jakarta – Cawagub Djarot Saiful Hidayat dari masjid al-Atiq, Tebet, baru-baru ini diusir oleh warga seusai shalat Jumat. Aksi pengusiran warga tersebut sangat mengejutkan semua pihak. Pasalnya, aksi tersebut dinilai terlalu berlebihan, bahkan tidak sesuai dengan akhlak Islam.

Tokoh Muda NU Mengecam Pengusiran Djarot dari Masjid Usai Shalat Jumat

Djarot diusir dari Masjid Al-Atiq Usai Shalat Jumat

“Saya memandang, pengusiran Cawagub Djarot Saiful Hidayat merupakan tindakan yang sangat memalukan. Pasalnya, perlakuan tersebut tidak sesuai dengan akhlak Islam yang diajarkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Zuhairi Misrawi, intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU), melalui keterangan resminya, Jumat (14/4/2017).

Zuhairi melanjutkan, jika berdasar pada buku sejarah Islam, diceritakan ketika Nabi Muhammad SAW menerima tamu Kristen Najran di Masjid Madinah. Perbedaan agama tersebut tidak menjadi halangan untuk tidak menghargai tamu yang tengah bertandang ke masjid Nabi.

“Ini kan Cawagub Djarot seorang muslim taat, hendak melaksanakan salat Jumat. Ia kader NU tulen, dan berjasa bagi umat Islam di Jakarta. Kok bisa-bisanya diteriakin dan diusir dari masjid. Saya memandang, politisasi masjid sudah masuk dalam kategori meresahkan dan mengkhawatirkan,” ujar lulusan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini.

Oleh karena itu, Zuhairi melanjutkan bahwa harus ada tindakan tegas terhadap pengurus Masjid Al Atiq, lantaran secara terang-terangan melakukan atau membiarkan kampanye di dalam masjid. Begitu juga dengan sejumlah pihak lain yang terkait dengan hal tersebut. Apabila fenomena ini dibiarkan, Zuhairi mengatakan rakyat Indonesia mengalami defisit moderasi Islam di Jakarta.

“Kalau kita melihat aturan, jelas sekali ada larangan keras agar tidak menggunakan tempat ibadah, termasuk masjid sebagai tempat kampanye dan melakukan diskriminasi karena perbedaan sikap politik dalam pilkada. Jadi, Panwaslu harus mengambil tindakan tegas,” tambah dia.

Baca Juga : Video, Jokowi Ajak Warga Cirebon Makan Siang Dalam Satu Meja

“Yang dikhawatirkan, jika tindakan pengusiran Cawagub Djarot ini dibiarkan, maka radikalisme di Jakarta makin menguat. Kita tidak ingin Jakarta seperti Mesir di masa lampau, yang masjidnya dikuasai kaum radikal yang mudah ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu,” pungkas Zuhairi.

(bimbim – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menang Versi Hitung Cepat, Anies-Sandi Kembali Diserang Fitnah

Menang Versi Hitung Cepat, Anies-Sandi Kembali Diserang Fitnah

Jakarta – Pilkada DKI 2017 memang kerap diwarnai fitnah atau hoax. Namun, hal tersebut masih ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis