Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua JPU : Tidak Ada Tekanan Dalam Penyusunan Tuntutan Ahok

Ketua JPU : Tidak Ada Tekanan Dalam Penyusunan Tuntutan Ahok

Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah membacakan tuntutan terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. JPU pun menjelaskan tidak ada intervensi saat memutuskan tuntutan tersebut.

Ketua JPU : Tidak Ada Tekanan Dalam Penyusunan Tuntutan Ahok

Sidang Ahok

Ketua JPU Ali Mukartono menjelaskan, dasar tuntutan kepada Ahok disusun berdasar pertimbangan hukum jaksa. “Kami tidak mendapat tekanan,” ujar Ali di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Ali mengungkapkan, jaksa memiliki pertimbangan dalam menyusun tuntutan tersebut. Mereka pun memiliki alasan hanya memakai pasal 156 KUHP dan mengesampingkan pasal 156a KUHP dalam menjerat Ahok.

“Kami telah sampaikan hal yang memberatkan dan meringankan. Yang berat kenapa, yang meringankan apa. Karena itu, tuntutan tersebut tidak dapat dikatakan ringan atau tidak. Hal Itu relatif,” katanya.

Baca juga: Jaksa Jatuhkan Hukuman Dipidana 1 Tahun Penjara kepada Ahok

Menurut dia, ada beberapa hal yang memberatkan Ahok. Yakni, menimbulkan keresahan dan kesalahpahaman di masyarakat. Yang meringankan, Ahok mau melakoni proses hukum secara baik. Selain itu, terdakwa bersikap baik selama sidang dan turut andil dalam pembangunan di Jakarta.

“Tidak bisa bila pendapat seluruh pihak dimasukkan. Kami memiliki pertimbangan. Kami itu independen,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Perintahkan Pengawasan Terhadap Tempat Hiburan Malam Diperkuat

Sandiaga Uno Perintahkan Pengawasan Terhadap Tempat Hiburan Malam Diperkuat

Jakarta – Pasca ditemukannya laboratorium narkoba di dalam diskotek MG Internasional Club pada Minggu (17/12/2017) ...