Home > Ragam Berita > Ekonomi > Bank Bisa Dukung Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Namun Ini Syaratnya

Bank Bisa Dukung Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Namun Ini Syaratnya

Jakarta – Salah satu program kerja yang ditawarkan oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan – Sandiaga Uno adalah kredit perumahan untuk rakyat dengan DP 0 rupiah.

Bank Bisa Dukung Kredit Rumah DP 0 Rupiah, Namun Ini Syaratnya

Program tersebut hingga kini masih menjadi bahan perdebatan apakah mungkin dilaksanakan atau tidak mengingat kredit rumah tanpa DP tentu saja dianggap berisiko tinggi bagi perbankan.

Menurut Presiden Direktur Bank BCA, Jahja Setiaatmadja, bisa saja program kredit rumah tanpa dilakukan dengan risiko diminimalisir, yang tentu saja nanti ditanggung oleh pemerintah, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta.

“Namanya kredit selalu ada risiko. Nah mungkin kenapa bisa dibilang 0%, ada semacam jaminan Pemda atau hal-hal lain,” kata Jahja ditemui di Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Namun demikian, pihaknya tentu saja masih menerawang program tersebut, apalagi hingga kini belum ada payung hukum untuk mengaturnya, baik dari BI maupun OJK.

“Kan kita belum tahu, makanya harus tunggu yang konkret seperti apa kita jajaki. Ketentuannya seperti apa, baru kita bantu support,” ujar Jahja.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Per 1 Juli, Harga BBM Berubah, Cek Disini

Per 1 Juli, Harga BBM Berubah, Cek Disini

Jakarta – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium khusus penugasan, Solar bersubsidi dan minyak ...