Home > Gaya Hidup > Tips > Hindari Hal-Hal Ini Agar Tidak Cemas Berlebihan

Hindari Hal-Hal Ini Agar Tidak Cemas Berlebihan

Jakarta – Akan ada kalanya ketika kecemasan dan panik akan meningkat seperti masa-masa menjelang ujian, presentasi, pernikahan atau melahirkan. Apabila kekhawatiran Anda tidak dapat terkendali dan perasaan negatif lebih besar daripada positif, rasa cemas yang tidak terkendali dapat mengambil alih pikiran serta emosi Anda.

Hindari Hal-Hal Ini Agar Tidak Cemas Berlebihan

Cemas

Sejatinya, Anda dapat mengendalikan diri dari rasa atau gangguan kecemasan. Jika Anda mulai merasa gelisah, cobalah menghindari lima kebiasaan berikut ini seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (22/4/2017):

1. Menganalisa hal kecil
Salah satu ciri kecemasan adalah lebih sering memikirkan atau menganalisa situasi dan hal-hal kecil daripada mengambil tindakan untuk mengatasinya. Cobalah untuk belajar mencari dan segera melakukan solusi dari masalah yang dihadapi. Jika Anda tidak bisa menghadapinya, cobalah menoleransi ketidakpastian.

2. Selalu memeriksa email
Memeriksa surat masuk di email Anda bisa jadi pemicu kecemasan. Bantu diri Anda dengan menciptakan waktu luang untuk kebiasaan yang lebih positif agar tidak selalu memikirkan pekerjaan setiap saat.

3. Melihat Instagram
Mengecek media sosial saat ini merupakan sebuah kebiasaan yang tak dapat dihindari. Hampir setiap saat, jari Anda mungkin akan tertuju pada ponsel pintar dan membuka akun Isntagram Anda. Ini dapat mengambil waktu Anda untuk diri sendiri dan sadar yang dapat membantu Anda tetap tenang. Selain itu, kebiasaan ini membuat Anda menjadi kurang produktif.

4. Sering melewatkan waktu olahraga
Tidur cukup, rutin olahraga dan makan makanan sehat tak hanya dapat membantu kesehatan fisik tapi juga efek positif pada kesehatan mental Anda. Penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengatur emosi. Olahraga juga membantu melepaskan hormon serotonin dan dopamin yang membantu mencegah kecemasan.

Baca juga: Tips Hadapi Mantan Pacar Yang Muncul Jelang Pernikahan

5. Anda menghabiskan banyak waktu sendiri
Lingkungan sosial yang solid sangat penting membantu kesehatan mental. Jika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, menghabiskan waktu lebih di rumah atau tidak terhubung dengan orang yang Anda sayangi, ini bisa memicu kecemasan. Banyak orang merasa cemas, namun ketika perasaan itu bisa keluar dari pikiran, ini dapat menghindari Anda dari kegelisahan. Jadwalkan waktu untuk bertemu dengan teman, atau keluarga Anda. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Atasi Hipertensi? Cobalah Konsumsi Buah Ini

Ingin Atasi Hipertensi? Cobalah Konsumsi Buah Ini

Jakarta – Mayoritas orang tahu betul apabila tomat mengandung vitamin C sehingga baik untuk kesehatan ...