Home > Ragam Berita > Nasional > ACTA Bakal Pantau Perkembangan Laporan Kasus Money Politic di Pilkada DKI

ACTA Bakal Pantau Perkembangan Laporan Kasus Money Politic di Pilkada DKI

Jakarta – Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) bakal lakukan pengawalan terhadap laporan masyarakat. Hal tersebut terkait dengan kecurangan jelang Pilkada Jakarta pada 19 April 2017. Mereka menilai hal tersebut dianggap telah menodai proses Demokrasi di Indonesia.

ACTA Bakal Pantau Perkembangan Laporan Kasus Money Politic di Pilkada DKI

Ilustrasi

Setelah Pilkada DKI 2017 rampun, beberapa kelompok terus mencari tahu tentang kejelasan terkait dengan kecurangan dalam Pilkada lalu. Menurut Wakil ACTA Ali Lubis, hal tersebut bertujuan membentuk demokrasi bersih dan adil.

“Ya, terkait laporan ACTA dan masyarakat, kami bakal lakukan pemantauan di Bawaslu DKI Jakarta,” ungkapnya pada Minggu (23/04/2017).

Menurut Lubis, kasus pembagian sembako yang dilakukan di berbagai wilayah DKI Jakarta merupakan bentuk kecurangan dari Pilkada.

“Karena menurut saya kasus sembako ini adalah salah satu bentuk dari money politic yang merupakan salah satu bentuk tindakan pidana pilkada,” tegasnya.

Baca juga: Terkait Laporan Pembagian Sembako, ACTA Bakal Diperiksa sebagai Pelapor

Dia juga menegaskan, segala apapun bentuk kecurangan maupun pelanggaran dalam penyelenggaran Pilkada sudah dituangkan dalam Undang-Undang.

“Hal itu kan sudah terdapat di pasal 73 Ayat 4 jo pasal 187A UU Nomor 10 Tahun 2016. Isinya, dilarang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum baik menjanjikan atau memberikan sesuatu berupa uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga Indonesia,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ngabalin Diangkat Jadi Komisaris BUMN, Gerindra : "Jangan Bagi-bagi Kue"

Ngabalin Diangkat Jadi Komisaris BUMN, Gerindra : “Jangan Bagi-bagi Kue”

Jakarta – Perihal pengangkatan Ali Mochtar Ngabalin menjadi anggota dewan komisaris Angkasa Pura I beberapa ...