Home > Ragam Berita > Nasional > Aher Disebut Berpeluang Dampingi Prabowo di Pilpres 2019

Aher Disebut Berpeluang Dampingi Prabowo di Pilpres 2019

Bandung – Gubernur Jawa Barat sekaligus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Heryawan alias Aher disebut-sebut cocok mendampingi Prabowo Subianto untuk maju ke Pilpres 2019. Tak hanya Aher, pengamat juga menyodorkan nama kader PKS lain, Irwan Prayitno yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Barat.

Aher Disebut Berpeluang Dampingi Prabowo di Pilpres 2019

Aher dan Prabowo

“Selain Aher dan Irwan, petinggi PKS lainnya yang punya kans menjadi cawapres adalah Presiden PKS Sohibul Iman,” ujar Muradi, pengamat politik dari Universitas Padjajaran, Bandung kepada awak media, Minggu (23/4/2017).

Muradi menambahkan, secara popularitas dan kinerja selama sepuluh tahun menjabat di Jabar, prestasi Aher termasuk yang biasa dibandingkan dengan sejumlah gubernur di Indonesia. Namun, kata dia, bila dibandingkan dengan kader PKS lainnya Aher termasuk yang terbaik.

“Dan hanya bisa ditandingi oleh Irwan Prayitno, kader PKS yang menjabat Gubernur Sumbar,” tambahnya.

Tetapi Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan Unpad itu mengatakan, tentu saja tidak bisa keduanya dibandingkan. Penyebabnya, Aher memimpin provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia atau sekitar 45 juta jiwa. Artinya, kata Muradi, sebagai kader yang dianggap berhasil di tingkat provinsi, maka Aher harus diberikan kesempatan untuk berkontestasi di kompetisi yang lebih tinggi oleh PKS.

“Soal popularitas Aher yang terbilang kecil di tingkat nasional tidak begitu penting karena mesin politik PKS relatif efektif dan teruji pada sejumlah kontestasi politik lainnya,” ujar Muradi.

Karenanya, Muradi menambahkan, peluang Aher untuk mendampingi capres siapa pun yang diusung oleh PKS besar karena dianggap sebagai kader yang sukses menjalani fungsi eksekutif di tingkat provinsi dalam 10 tahun ke belakang.

Baca juga: Pengamat Sayangkan Niat Prabowo Maju di Pilpres 2019

“Tinggal bagaimana mesin politik PKS dapat bekerja efektif,” tegas Muradi. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Info Arus Mudik 2017: Penumpang Padati di Stasiun Pasar Senen Di Hari H Lebaran

Info Arus Mudik 2017: Penumpang Padati Stasiun Pasar Senen di Hari H Lebaran

Jakarta – Ribuan pemudik yang menggunakan sarana angkutan kereta api padati Stasiun Pasar Senen pada ...