Home > Ragam Berita > Nasional > JPU Tidak Ajukan Replik Atas Pleidoi Ahok, Apa Alasannya ?

JPU Tidak Ajukan Replik Atas Pleidoi Ahok, Apa Alasannya ?

Jakarta – Sidang pembacaan pleidoi dengan terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah dilakukan sidang di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Jaksa penuntut umum (JPU) pun telah mengambil sikap. Mereka pun tidak melayangkan replik atau jawaban atas pembelaan (pleidoi) tersebut.

JPU Tidak Ajukan Replik Atas Pleidoi Ahok, Apa Alasannya ?

Sidang Ahok

Ketua Tim JPU Ali Mukartono menjelaskan, replik tidak diajukan lantaran bakal membuang waktu. Sebab, pihaknya menilai pembelaan tersebut hanya pengulangan.

“Yang diungkapkan penasihat hukum bukan sesuatu yang baru. Itu adalah pengulangan. Bahkan, pengulangan tersebut kembali pada materi eksepsi saat sidang persidangan diselenggarakan di PN Jakarta Utara Jalan,” ujar Ali di Kompleks Kementerian Pertanian, Selasa (25/4/2017).

Ali menjelaskan, replik sengaja tidak diajukan. Tujuannya, menghemat waktu sidang. Sebab, sidang kerap kali ditunda. “pun tidak ingin terjadi pengulangan. Sebab, hal tersebut sangat tidak efisien (waktu sidang),” jelas Ali.

Baca juga: Kuasa Hukum Ahok Pertanyakan Maksud JPU Terkait Golongan

Menurut dia, JPU tetap berpegang pada tuntutannya saat sidang 20 April 2017 yakni Ahok terbukti melanggar Pasal 156 KUHP dan meminta majelis hakim menghukum terdakwa setahun penjara dengan masa percobaan dua tahun.

“Kami telah mengambil kesimpulan dari tuntutan dalam sidang persidangan yang lalu,” tutup Ali. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Tegaskan Terus Menyanmakan Presepsi dengan Partai

Ridwan Kamil Tegaskan Terus Menyanmakan Presepsi dengan Partai

Bandung – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil membantah anggapan yang menyebutkan komunikasi politiknya yang buruk ...