Home > Ragam Berita > Nasional > Tim Pengacara Minta Hakim Vonis Bebas Ahok

Tim Pengacara Minta Hakim Vonis Bebas Ahok

Jakarta – Sidang pembacaan pleidoi dengan terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok telah dilakukan. Dalam sidang tersebut, kuasa hukum Ahok melayangkan permintaan kepada majelis hakim agar kliennya divonis bebas. Sebab, Ahok tidak berniat menistakan agama saat berpidato di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016.

Tim Pengacara Minta Hakim Vonis Bebas Ahok

Ahok

“Pak Ahok tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah,” kata pengacara Ahok, Tommy Sihotang, di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (25/4/2017).

Menurut Tommy, pidato Ahok tidak memiliki unsur penghinaan yang tercantum dalam pasal 156 KUHP. Selain itu, tidak ada bukti bahwa kliennya melanggar pasal 156a KUHP.

Dia menjelaskan, hal itu bisa dibuktikan dengan tuntutan penuntut umum. Sebaimana diketahui, JPU tidak memakai pasal 156a KUHP tentang penodaan agama untuk menjerat Ahok.

Baca juga: Tertibkan Parkir Liar, Dishubtrans DKI Selenggarakan Operasi di Kalijodo

Karena itu, tim pengacara berharap majelis hakim memvonis bebas Ahok dari dakwaan pertama dan kedua. Selain itu, Tommy mengimbau nama baik Ahok segera dipulihkan. (Tita Yanuanatari – harianindo.com)

x

Check Also

Quraish Shihab Ungkap Kekaguman Alumni-Al Azhar Pada Jokowi

Quraish Shihab Ungkap Kekaguman Alumni-Al Azhar Pada Jokowi

Mataram – Profesor Quraish Shihab mendapatkan kesempatan untuk bicara di mimbar dalam acara penutupan Konferensi ...