Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Sering Meludah ? Waspada Penyakit Ini

Sering Meludah ? Waspada Penyakit Ini

Jakarta – Ludah atau air liur merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh. Namun apabila Anda meludah dalam waktu yang sering, mungkin pertanda Anda tengah mengalami kondisi kesehatan yang kurang baik.

Sering Meludah ? Waspada Penyakit Ini

Meludah

Seperti dilansir dari liputan6.com, Selasa (25/4/2017)), beberapa gejala yang menyerang kesehatan seperti peradangan di saluran pernapasan, sinus, atau rongga mulut mengakibatkan air liur diproduksi lebih banyak.

Agar kondisi tersebut tidak mengganggu kenyamanan Anda, ada baiknya mengetahui secara lebih lanjut mengapa Anda jadi sering meludah. Bahkan jika perlu carilah penanganan medis untuk mengatasinya. Berikut ini adalah penyebab umum dari produksi air liur berlebih:

1. Dehidrasi

Kekurangan air menyebabkan sekresi air liur menjadi berlebih dan jika kondisi tersebut terjadi secara bersamaan dengan dahak kental yang menempel di tenggorokan, Anda perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak.

2. Merokok

Rokok menyebabkan lapisan dalam dari saluran pernapasan mengalami peningkatan produksi lendir di saluran atas. Ini membuat orang yang merokok sering merasakan adanya kejanggalan atau sesuatu yang menempel dan menyebabkan air liur menjadi meningkat akibat usaha untuk mengeluarkannya.

3. Sinusitis kronis

Penderita sinusitis sering kali mengeluarkan dahak dan mengalami bau mulut. Hal tersebut terjadi akibat sinus terus memproduksi lendir yang mengalir ke mulut dan tenggorokan.

Jika kondisi ini diiringi dengan rasa sakit kepala, Anda perlu memeriksakan diri ke ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT).

Baca juga: Waspada, Soda Tingkatkan Risiko Stroke

4. Alergi musiman

Cuaca yang tak menentu dapat menyebabkan tubuh mengalami kondisi alergi, yang menyebabkan produksi air liur meningkat akibat efek partikel jahat berbentuk serbuk yang terdapat di udara. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Anda Sedang Diet? Sebaiknya Hindari 10 Makanan Ini

Jakarta – Diet dilakukan dengan membatasi asupan kalori, karbohidrat, dan lemak yang masuk kedalam tubuh ...