Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Kenali 3 Tahapan Menopause

Kenali 3 Tahapan Menopause

Jakarta – Seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita, semua pasti mengalami yang namanya menopause. Di masa itu, terdapat tiga tahapan yang akan dilalui.

Kenali 3 Tahapan Menopause

Wanita Lanjut Usia

Menopause adalah suatu tahapan fisiologis (normal) dari setiap wanita dengan ciri tidak mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut tanpa adanya pemicu seperti penyakit tertentu, pengobatan tertentu, kehamilan atau masa menyusui.

“Normalnya terjadi pada usia 51 tahun, namun sudah terjadi transisi pada usia 40-60 tahun. Kalau di Asia umumnya pada usia 48-52 tahun,” ungkap dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG selaku Wakil Ketua Perkumpulan Menopause Indonesia Cabang Jakarta Raya (PERMI JAYA) dalam seminar media, di Jakarta, seperti dilansir dari metrotvnews.com, Selasa (25/4/2017).

Dalam masa transisi, produksi hormon estrogen dan progesteron yang biasa berperan di siklus menstruasi pada ovarium (indung telur) mulai berkurang. Demikian juga dengan fertilitas (kesuburan), meskipun kemungkinan untuk hamil masih ada.

Menopause sendiri memiliki dalam tiga tahapan yaitu, perimenopause, menopause dan post-menopause. Pada tahap perimenopause, tingkat estrogen dan progesteron mulai menurun. Tahap yang biasanya dialami pada usia 40-an tersebut terjadi sekitar 3-5 tahun sebelum masa menopause.

Ciri-ciri dari tahap ini adalah menstruasi yang tidak teratur, semburan panas di wajah dan dada, gangguan tidur sampai dengan insomnia, berkeringat di malam hari, perubahan suasana hati, sensitif, depresi, cemas, vagina yang mulai kering atau rasa tidak nyaman saat berhubungan, dan adanya gangguan buang air kecil.

Tahapan selanjutnya adalah menopause yang rata-rata dialami pada usia 50-52 tahun. Transisi dari tahap perimenopause ke tahap menopause biasanya berlangsung antara 1 hingga 3 tahun.

Baca juga: Sering Meludah ? Waspada Penyakit Ini

Lantas untuk tahap terakhir, yang disebut post menopause, akan dimulai setelah 1 tahun penuh sejak masa menstruasi terakhir. Keluhan-keluhan sejak tahap perimenopause biasanya masih terus dirasakan, walau mungkin tidak semua wanita merasakan gejala-gejala tersebut. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Omega-3

Tanda-Tanda Tubuh Anda Kekurangan Omega-3

Jakarta – Lemak omega-3 amat penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup kita. Sayangnya, sebuah penelitian ...