Home > Ragam Berita > Internasional > Marine Le Pen Diperiksa Dalam Kasus Penyelewengan Dana Uni Eropa

Marine Le Pen Diperiksa Dalam Kasus Penyelewengan Dana Uni Eropa

Paris – Calon presiden (capres) Prancis Marine Le Pen bakal diselidiki terkair dengan dugaan penyelewengan dana Uni Eropa. Di pekan lalu, hakim Prancis telah mencabut kekebalan pemimpin Front Nasional (FN) tersebut.

Marine Le Pen Diperiksa Dalam Kasus Penyelewengan Dana Uni Eropa

Dengan demikian, otoritas setempat dapat melakukan pemeriksaan. Le Pen diduga terlibat dalam penyalahgunaan dana Uni Eropa untuk membayar gaji para pegawai partai FN.

Langkah ini merupakan awal dari prosedur formal yang akan dijalankan. Meski begitu, Marine Le Pen tidak akan dipanggil hingga pemilihan presiden (pilpres) Prancis putaran kedua berlangsung pekan depan.

Sebagaimana diberitakan BBC pada Kamis (27/4/2017), Le Pen sendiri gigih menentang Uni Eropa dalam hal ini. Ia sedang fokus berkampanye untuk pilpres Prancis putaran kedua pada 7 Mei, setelah sebelumnya keluar sebagai urutan kedua di pilpres Prancis putaran pertama pada 23 April. Le Pen menyebut, proses hukum tersebut merupakan campur tangan politik.

Sebagai anggota Parlemen Eropa dan kandidat presiden dari partai FN, Le Pen mempekerjakan pegawai yang salah satu tugasnya berhubungan dengan politik domestik di Prancis maupun di Uni Eropa. Bagaimanapun, hukum di Eropa melarang keras penggunaan dana Uni Eropa untuk menyokong peran politik domestik.

Parlemen Uni Eropa juga sedang mempertimbangkan untuk melucuti kekebalan Le Pen untuk penyelidikan terpisah tentang penghinaan kepada parlemen. Pejabat Parlemen Uni Eropa menyatakan, sidang dengar pendapat tentang kasus-kasus Le Pen yang dijadwalkan pada pekan depan akhirnya ditunda. Le Pen sendiri bisa memutuskan untuk tidak menghadiri sidang. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Otoritas Pakistan Akhirnya Temukan Sisa Patung Buddha Tidur

Otoritas Pakistan Akhirnya Temukan Sisa Patung Buddha Tidur

Islamabad – Pakistan ungkap sisa patung Buddha tidur berusia 1.700 tahun pada Jumat (17/11/2017), yang ...