Home > Ragam Berita > Internasional > Polisi Ciduk Ribuan Orang yang Diprediksi sebagai Pendukung Gulen

Polisi Ciduk Ribuan Orang yang Diprediksi sebagai Pendukung Gulen

Ankara – Otoritas keamanan Turki dikabarkan menciduk ribuan orang. Mereka diduga sebagai pendukung Fethullah Gulen. Hal tersebut ditegaskan Kementerian Dalam Negeri Turki.

Polisi Ciduk Ribuan Orang yang Diprediksi sebagai Pendukung Gulen

Sebagaimana diberitakan UPI pada Kamis (27/4/2017), penangkapan tersebut difokuskan ke orang-orang yang diduga menjadi “imam rahasia” yang diam-diam mendukung Gulen.

Sebagaimana diketahui, Fethullah Gulen merupakan ulama yang sedang menjalani pengasingan di Pennsylvania, Amerika Serikat. Pemerintahan Turki dibawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan menuding Gulen dan para pendukungnya menjadi pihak yang bertanggung jawab atas kudeta militer yang terjadi pada 2016.

Semenjak kudeta itulah, Erdogan melakukan usaha “pembersihan” para pendukung Gulen di Turki. The Washington Post mewartakan sudah lebih dari 100.000 orang yang dipecat atau ditahan karena diduga menjadi pendukung Gulen.

Baca juga: Setelah Hilang 47 Hari di Himalaya, Pendaki Asal Taiwan Berhasil Diselamatkan

Penangkapan pada Rabu 26 April 2017 disebut melibatkan 8.500 anggota kepolisian serta dibantu oleh Organisasi Intelijen Nasional Turki. “Dengan total 1.009 ‘imam rahasia’ sejauh ini telah ditahan di 72 provinsi,” tutur Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Faktor yang Membuat Kecelakaan MRT di Singapura

Inilah Faktor yang Membuat Kecelakaan MRT di Singapura

Singapura – Otoritas Singapura akhirnya mengungkap latar belakang peristiwa tabrakan yang melibatkan dua kereta di ...