Home > Ragam Berita > Nasional > Fraksi PKB Tetap Tidak Setuju dengan Hak Angket KPK meski Telah Diputuskan

Fraksi PKB Tetap Tidak Setuju dengan Hak Angket KPK meski Telah Diputuskan

Jakarta – Rapat paripuran DPR yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyetujui usulan hak angket KPK. Meski telah diputuskan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap tidak setuju dengan hak angket tersebut.

Fraksi PKB Tetap Tidak Setuju dengan Hak Angket KPK meski Telah Diputuskan

PKB

Sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menjelaskan, pihaknya bakal mempertanyakan proses pengambilan keputusan di rapat paripurna. Menurut dia, pengambilan keputusan tersebut tidak demokratis. Hal itu bakal diungkapkan saat rapat menindaklanjuti hak angket.

“Justru kita akan menanyakan rapat paripurnanya nanti, pas angket dimulai, kan kalau rapat tidak bulat harus dikonsultasikan dulu dengan rapat konsultasi, harus diskors. Nah ada mekanisme lain seperti voting bagian dari musyawarah mufakat,” kata Cucun di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Baca juga: PKS Nilai Usulan Angket E-KTP Cukup Diselesaikan Rapat Kerja Komisi III dan KPK

Selain itu, anggota Komisi IV tersebut menilai Fahri Hamzah sudah mengambil keputusan secara sepihak. Selain itu, pihaknya tidak menyelenggarakan rapat paripurna sesuai peraturan. “Kalau rapat paripurnanya semacam tadi kan itu menunjukkan hak 560 anggota dewan dirampas oleh pimpinan,” kata Cucun.

Fraksi PKB, lanjut Cucun akan memaksimalkan sikap penolakan melalui anggotanya yang duduk di Komisi III DPR saat angket berjalan. “Nanti, kita maksimalkan melalui anggota kita di Komisi III. Kita tetap menolak mekanisme angket, ada Komisi III yang bisa memaksimalkan fungsi pengawasannya,” pungkas Cucun. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Gerindra Tegaskan Nyatakan Tegaskan Belum Pilih Paslon untuk Pilgub Papua 2018

Gerindra Tegaskan Nyatakan Tegaskan Belum Pilih Paslon untuk Pilgub Papua 2018

Jakarta – Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria memberitahukan bahwa partainya belum memutuskan calon ...