Home > Ragam Berita > Nasional > Ketua PP GIN Nilai Tuntutan JPU Seolah-olah Lindungi Ahok

Ketua PP GIN Nilai Tuntutan JPU Seolah-olah Lindungi Ahok

Jakarta – Majelis hakim telah menjatuhkan putusan kepada terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, putusan tersebut dinilai terlalu ringan.

Ketua PP GIN Nilai Tuntutan JPU Seolah-olah Lindungi Ahok

Ahok ketika akan membacakan pledoi

Ketua PP Organisasi Gerakan Ibu Negeri (GIN) Neno Warisman menjelaskan, bila putusan dijatuhkan lebih berat dari pada tuntutan JPU, hal tersebut dapat memberikan efek jera. Hal tersebut pun bisa menjadi peringatan kepada Ahok dan seluruh pihak agar tidak melakukan atau mengulai tindakan serupa.

“Namun, tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang hanya menuntut (Ahok) satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun,” ujar Ketua PP GIN, Neno Warisman di Jakarta Pusat pada Jumat (28/4/2017).

Neno pun menilai tuntutan yang dijatuhkan JPU sangat ganjil. Sebab, tuntutan tersebut seolah-olah melindungi Ahok dari proses hukum. Hal tersebut pun berbanding terbalik dengan kasus Buni Yani yang mengunggah video pidato Ahok.

Baca juga: Pengamat Hukum Pidana UII Nilai Tuntutan Terhadap Ahok Bikin Heran

Buni ditetapkan sebagai tersangka. Dia dinilai melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Pihaknya pun terancam hukumann penjara enam tahun.

“Padahal, perbuatan Buni Yani adalah suatu kewajiban untuk dilakukan oleh setiap orang jika melihat adanya kejahatan. Tapi, mengapa orang yang memublikasikan kebenaran justru dijadikan tersangka?” papar Neno. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, KPK Bakal Usut Pengacara Setya Novanto

Dituding Halang-halangi Proses Penyidikan, Pengacara Setya Novanto Bakal Diusut KPK

Jakarta – Sepertinya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menindaklanjuti dengan serius terkait dengan banyaknya laporan ...