Home > Ragam Berita > Nasional > Neno Warisman : Hakim Diharap Menjaga Indepensi Jelang Vonis Ahok

Neno Warisman : Hakim Diharap Menjaga Indepensi Jelang Vonis Ahok

Jakarta – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) bakal segera mengeluarkan putusan atau vonis terhadap terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sidang putusan tersebut bakal diselenggarakan pada 9 April 2017.

Neno Warisman : Hakim Diharap Menjaga Indepensi Jelang Vonis Ahok

Ahok ketika akan membacakan pledoi

Menanti putusan itu, Ketua PP Organisasi Gerakan Ibu Negeri (GIN), Neno Warisman berharap agar Majelis Hakim bersikap independen dan tak terjebak dalam intervensi politik pihak mana pun. Neno meminta Hakim memberi putusan yang melebihi tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Itu dilakukan untuk penegakan hukum di Indonesia.

“Agar Majelis Hakim menjaga independensinya, tidak takut, bebas intervensi politik, bebas godaan materiil saat memvonis perkara Ahok,” ujar Neno Warisman saat menggelar jumpa pers di Sofyan Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Tak hanya itu, Neno juga meminta kepada Hakim untuk memerhatikan surat edaran Mahkamah Agung RI Nomor 11 Tahun 1964. JPU sendiri menilai Ahok telah melanggar Pasal 156 KUHP dan dituntut satu tahun penjara dan dua tahun masa percobaan. Melihat tuntutan itu, Neno menyayangkan sikap JPU yang seolah melindungi Ahok dari penegakan hukum.

Baca juga: Polda Metro Jaya Tegaskan Siap Mengamankan May Day

Oleh sebab itu, Neno menegaskan agar Majelis Hakim berani mengeluarkan putusan Ultra Petitum atau menjatuhkan vonis yang lebih berat dari tuntutan JPU. “Jika tidak seperti itu, maka akan berdampak negatif dan merasahkan masyarakat,” tutur Neno. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bareskrim Polri Berhasil Ringkus Tersangka Penyebar Kebencian di Facebook

Bareskrim Polri Berhasil Ringkus Tersangka Penyebar Kebencian di Facebook

Jakarta – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian Negara Republik ...