Home > Ragam Berita > Nasional > Anggota Komisi VI DPR Inginkan Pemerintah Untuk Tetap Fokus Di Sektor Industri

Anggota Komisi VI DPR Inginkan Pemerintah Untuk Tetap Fokus Di Sektor Industri

Jakarta – Salah seorang anggota Komisi VI DPR, Rieke Diah Pitaloka memberikan saran kepada pemerintah untuk tetap fokus pada sektor industri. Pasalnya, Rieke menilai sektor industri sanggup menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

Anggota Komisi VI DPR Inginkan Pemerintah Untuk Tetap Fokus Di Sektor Industri

Rieke Diah Pitaloka

Jika melihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja berdasarkan lapangan pekerjaan utama pada tahun 2016 mencapai 120.647.697 orang, di mana yang bekerja di sektor industri kurang lebih sekitar 15.975.086 orang.

Kontribusi tenaga kerja terbesar yakni berasal dari Provinsi Jawa Barat sekitar 3.892.044 orang (24,93%), Jawa Tengah 3.219.793 orang (20,16%), dan Jawa Timur 2.948.203 orang (18,46%).

“Jika dikomparasikan antara angkatan kerja dan pekerja yang terserap di sektor industri, kurang signifikan. Saya mengusulkan kepada Pemerintah untuk menarik fokus industri termasuk investasi modal pada industri pangan, sandang dan farmasi,” ujar Rieke dalam siaran persnya, Minggu (30/4/2017).

Ketika sektor itu, mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak, serta melahirkan usaha baru dan lapangan kerja baru di sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, termasuk mendorong lahirnya UKM baru.

Di sisi lain, sektor industri juga bisa memberi nilai tambah bagi petani, peternak, dan nelayan lantaran ada kepastian terserap oleh industri. Manfaat lebih besarnya adalah terpenuhinya kebutuhan dalam negeri atas pangan, sandang dan obat-obatan, sehingga tidak tergantung kepada impor dan harga lebih terjangkau masyarakat.

Baca Juga : Inilah Kondisi Kesehatan Terkini Novel Baswedan

“Hal ini juga akan memberi penguatan ekonomi, terutama pada buruh, petani dan nelayan,” tukas politikus PDI Perjuangan itu.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Ridwan Kamil Tegaskan Terus Menyanmakan Presepsi dengan Partai

Ridwan Kamil Tegaskan Terus Menyanmakan Presepsi dengan Partai

Bandung – Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil membantah anggapan yang menyebutkan komunikasi politiknya yang buruk ...