Home > Ragam Berita > Nasional > Rudiantara Tegaskan Berita Hoax Bukan Hanya Jadi Masalah Nasional

Rudiantara Tegaskan Berita Hoax Bukan Hanya Jadi Masalah Nasional

Jakarta – Berita hoax beberapa waktu ini sangat marak. Kehadiran berita itu pun menyita perhatian. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjelaskan, masalah tersebut kini bukan hanya menjadi persoalan nasional. Namun, telah menjadi isu global.

Rudiantara Tegaskan Berita Hoax Bukan Hanya Jadi Masalah Nasional

Menkominfo Rudiantara

“Hoax ini masalah serius. Sudah bukan masalah nasional saja, tetapi jadi isu global,” ujar Rudiantara kepada awak media dalam World Press Freedom Day 2017 di Jakarta pada Selasa (2/5/2017).

Karena itu, Rudi pun meminta semua pihak bersatu memerangi gencarnya serangan hoax. Ia pun ingin media arus utama bahu membahu bersama pemerintah menyaring berita hoax. “Khususnya media mainstream, kami berharap banyak dari teman-teman ini mau membantu menyaring berita hoax,” terangnya.

Baca juga: ACTA Punya Alasan Subtansial agar Polisi Segera Usust Ancaman Akun @NathanSuwanto

Dirinya pun mengapresiasi lahirnya Jaringan Wartawan Antihoax (Jawarah) yang bertujuan memverifikasi setiap informasi hoax yang beredar di masyarakat. Selain itu, Rudi melihat masyarakat dari berbagai elemen di daerah juga mulai menyadari bahaya hoax. Ia mencontohkan, di Kalimantan Barat sudah ada masyarakat antihoax.

Ke depannya, ia berharap Dewan Pers juga segera melakukan verifikasi perusahaan media di Indonesia. Hal ini agar pemerintah dan publik sama-sama mendapat pemahaman mana media yang kredibel, mana yang tidak. Dengan begitu, kebebasan pers yang dicita-citakan juga bisa terwujud. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Survei Terbaru, Elektabilitas Parpol Pendukung Jokowi Justru Turun

Hasil Survei Terbaru, Elektabilitas Parpol Pendukung Jokowi Justru Turun

Jakarta – Elektabilitas petahana Presiden Joko Widodo yang cenderung naik, ternyata berbanding terbalik dengan elektabilitas ...