Home > Ragam Berita > Nasional > Wiranto : “Ormas Bertentangan Dengan Pancasila, Ya Harus Bubar”

Wiranto : “Ormas Bertentangan Dengan Pancasila, Ya Harus Bubar”

Jakarta – Ormas-ormas yang bertentangan dengan Pancasila akan segera dibubarkan. Hal tersebut sebagaimana yang ditegaskan oleh, Menko Polhukam Wiranto. Wiranto mengaku telah merancang sejumlah langkah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Perilaku ormas-ormas yang ada di Indonesia sudah lama berada dalam pengawasan.

Wiranto : "Ormas Bertentangan Dengan Pancasila, Ya Harus Bubar"

Wiranto

“Kita sudah mendengarkan pernyataan Presiden bagaimana menangani ormas-ormas yang nyata-nyata bertentangan dengan ideologi negara. Dan memang di Kemenko Polhukam, tempatnya di situ,” kata Wiranto di gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

“Mana nyata-nyata betul-betul bertentangan dengan Pancasila, bahkan keberadaannya tidak mengambil bagian dari satu proses pembangunan di Indonesia, ya harus bubar,” tegasnya.

Menurut Wiranto, pihaknya telah mendeteksi keberadaan ormas yang bertentangan dengan Pancasila tersebut. Dia juga tidak akan langsung gegabah untuk membubarkan. Dia menegaskan kehadiran ormas tidak boleh justru mengganggu ketenteraman warga. Ormas juga tidak boleh membuat ideologi negara menjadi rancu.

“Ya, sudah (terdeteksi). Ya, nggak bisa kita diskusikan di depan Saudara-saudara sekalian. Tapi pasti pemerintah sudah melakukan langkah-langkah itu. Dan pemerintah tidak gegabah untuk melarang, membubarkan. Ada satu langkah-langkah yang kita lakukan, tetapi kita peringatkan bahwa ormas-ormas yang sudah mendapatkan izin dan berbadan hukum betul-betul keberadaannya harus memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa ini,” papar Wiranto.

Baca Juga : Listrik Naik, Buruh Bakal Demo Lagi

“Kalau keberadaannya merancukan ideologi negara yang sudah kita sepakati, yang merupakan kesepakatan kolektif bangsa yang sudah final, tentunya tidak layak hidup di Indonesia,” pungkasnya.

(bimbim – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kolom Agama di KTP Kembali Disinggung Oleh Anggota DPR

Kolom Agama di KTP Kembali Disinggung Oleh Anggota DPR

Jakarta – Achmad Baidowi selaku Anggota Komisi II DPR RI akhirnya ikut berkomentar mengenai keputusan ...