Home > Ragam Berita > Nasional > Menkopolhukam: Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila Harus Bubar

Menkopolhukam: Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila Harus Bubar

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto kembali menegaskan bahwa pemerintah saat ini sedang mempersiapkan langkah-langkah guna membubarkan ormas yang jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila.

Menkopolhukam: Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila Harus Bubar

“Kita sudah mendengarkan pernyataan Presiden bagaimana menangani ormas-ormas yang nyata-nyata bertentangan dengan ideologi negara. Dan memang di Kemenko Polhukam, tempatnya di situ,” kata Wiranto di Gedung Nusantara V, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

Kemenko Polhukam saat ini sedang menyeleksi ormas mana yang perilakunya bertentangan dengan Pancasilan dan tidak memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia.

“Mana nyata-nyata betul-betul bertentangan dengan Pancasila, bahkan keberadaannya tidak mengambil bagian dari satu proses pembangunan di Indonesia, ya harus bubar,” tegas Wiranto.

Meski pemerintah telah mendeteksi ormas yang dimaksud namun pihaknya tidak bisa dengan gegabah membubarkan begitu saja

“Ya, sudah (terdeteksi). Ya, nggak bisa kita diskusikan di depan Saudara-saudara sekalian. Tapi pasti pemerintah sudah melakukan langkah-langkah itu. Dan pemerintah tidak gegabah untuk melarang, membubarkan. Ada satu langkah-langkah yang kita lakukan, tetapi kita peringatkan bahwa ormas-ormas yang sudah mendapatkan izin dan berbadan hukum betul-betul keberadaannya harus memberikan manfaat bagi pembangunan bangsa ini,” papar Wiranto.

“Kalau keberadaannya merancukan ideologi negara yang sudah kita sepakati, yang merupakan kesepakatan kolektif bangsa yang sudah final, tentunya tidak layak hidup di Indonesia,” pungkasnya.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Janjikan Asrama 3 Lantai Untuk Santri Ponpes Darussalam

Jokowi Janjikan Asrama 3 Lantai Untuk Santri Ponpes Darussalam

Ciamis – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan pembangunan asrama bagi para santri Pondok Pesantren (Ponpes) ...