Home > Ragam Berita > Nasional > Mendengar Ada Pungli di Rutan Pekanbaru, Menteri Yasonna Gebrak Meja

Mendengar Ada Pungli di Rutan Pekanbaru, Menteri Yasonna Gebrak Meja

Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly sangat marah ketika mengetahui salah satu penyebab dari kaburnya ratusan napi dari Rutan Kelas IIB Kota Pekanbaru, Riau, karena adanya pungutan liar.

Mendengar Ada Pungli di Rutan Pekanbaru, Menteri Yasonna Gebrak Meja

“Saya tidak akan toleransi. Perilaku ini betul-betul biadab, sangat biadab,” kata Yasonna sambil menggebrak meja hingga beberapa kali di hadapan petugas rutan dan Kanwil Kemenkum HAM Riau, di dalam Rutan Kelas IIB Pekanbaru, Minggu (7/5/2017).

Kemarahan Yasonna juga disaksikan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dan Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Ferdinand Siagian.

Yasonna mengingatkan bahwa ia sudah berkali-kali memerintahkan agar pungutan liar di rutan dan lembaga pemasyarakatan tidak boleh ada lagi.

“Presiden sudah kasih kita APBN, tapi mau bangunan secantik apapun kalau mental kita seperti ini tidak akan bisa,” ujarnya.

Yasonna kemudian menegaskan bahwa pelaku pemerasan akan diproses secara pidana, tidak hanya dilakukan saksi administrasi.

“Sekarang yang memeras (harus) pidana. Ada kapolda di sini supaya memproses. Tidak cukup sanksi administrasi, tidak bisa,” katanya.

Sebelumnya, Polda Riau mengungkapkan bahwa pemicu dari kaburnya ratusan napi pada Jumat (5/5/2017) lalu karena mereka protes tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Para tahanan ini kemudian membuat kerusuhan dan mendobrak pintu setinggi tiga meter bagian samping kanan rutan, lalu kabur.

Pihak Kementerian Hukum dan HAM berjanji mengusut dugaan pelanggaran yang terjadi di rutan yang menjadi pemicu insiden. Langkah awal dengan mengganti seluruh pejabat dan pegawai rutan di sana.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menegangkan, Foto Massa Bawa Golok dan Parang Usir Fahri Hamzah dari Manado

Menegangkan, Foto Massa Bawa Golok dan Parang Usir Fahri Hamzah dari Manado

Manado – Situasi menegangkan terjadi di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (13/5/2017) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis