Home > Ragam Berita > Internasional > Moon Jae-in Diprediksi Unggul Dalam Pilpres Korsel

Moon Jae-in Diprediksi Unggul Dalam Pilpres Korsel

Seoul – Moon Jae-in adalah calon Presiden dari Partai Demokrat Liberal Korea/ Dalam jajak pendapat terakhir jelang pemilihan, prospek Moon mengalami peningkatan. Sebab, dia menolak permintaan Presiden Trump agar Korea Selatan mengganti USD1 miliar untuk sistem THAAD. Karena itu, dia memperoleh keunggulan 20 persen.

Moon Jae-in Diprediksi Unggul Dalam Pilpres Korsel

“Pihak kami berpikir (THAAD) harus dirundingkan ulang untuk menentukan pembagian biaya, karena perjanjian mengenai sistem senjata ini dicapai dengan pemerintah sebelumnya,” kata Song Jung-bin, dari Partai Demokrat Korea.

Calon terkuat itu mendukung aliansi dengan AS, namun berpendapat bahwa kebijakan Amerika yang mengandalkan kekuatan militer dan sanksi saja tidak akan mengatasi ancaman nuklir Korea Utara.

Moon ingin mengurangi ketegangan melalui dialog dan pendekatan, serta meminta agar pemangkalan sistem senjata THAAD ditunda. Pemangkalannya telah memicu kekhawatiran publik mengenai keamanan dan pembalasan China di sektor ekonomi, pariwisata dan impor.

Saingan Moon yang berhaluan liberal, Ahn Cheol-soo, dari Partai Rakyat, lebih mendukung Amerika dalam isu THAAD dan pertahanan, namun dalam jajak pendapat peringkatnya turun, meskipun ia menentang tajam permintaan USD1 miliar dari Trump itu.

Kaum konservatif, yang dipimpin oleh kandidat Partai Liberti Korea, Hong Joon-pyo, berjuang keras untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik setelah pemakzulan Presiden Park Guen-hye atas dugaan skandal korupsi. Pemecatannya dari jabatan mempercepat pemilihan awal presiden ini. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kasus Ahok Mendapatkan Sorotan Tajam dari Majelis Rendah Belanda

Kasus Ahok Mendapatkan Sorotan Tajam dari Majelis Rendah Belanda

Jakarta – Kasus vonis dua tahun penjara yang diterima Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis