Home > Ragam Berita > Nasional > Ini Sikap Uni Eropa Terkait Vonis Ahok

Ini Sikap Uni Eropa Terkait Vonis Ahok

Jakarta – Putusan vonis dua tahun penjara terhadap Basuki Tjahaja Purnama yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara terkait kasus penodaan agama ternyata menjadi perhatian juga bagi Uni Eropa.

Ini Sikap Uni Eropa Terkait Vonis Ahok

Hal ini dibuktikan dengan pernyataan resmi Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam pada Selasa (9/5/2017) petang yang berisi lima poin, yakni:

1. Uni Eropa mencatat keputusan dari Pengadilan Tinggi Negeri Jakarta Utara dalam kasus terkait Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang disampaikan pada tanggal 9 Mei.

2. Uni Eropa senantiasa memuji kepemimpinan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia, sebagai demokrasi yang kuat dan negara yang bangga atas tradisi toleransi dan pluralisme yang dimilikinya. Kami menghimbau agar pemerintah Indonesia, lembaga-lembaga dan warganya untuk senantiasa mempertahankan tradisi toleransi dan pluralisme yang ada selama ini.

3. Indonesia dan Uni Eropa telah sepakat untuk mempromosikan dan melindungi hak-hak sebagaimana termaktub dalam Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia dan Kovenan Internasional Hak-hak Sipil dan Politik seperti kebebasan berpikir, hati nurani dan beragama dan kebebasan berekspresi.

4. Uni Eropa menekankan kembali bahwa kebebasan-kebebasan tersebut adalah hak-hak yang saling berketergantungan, saling terkait dan saling melengkapi, melindungi setiap orang dan melindungi pula hak untuk menyampaikan pendapat mengenai agama dan kepercayaan manapun atau semua sesuai dengan hukum hak-hak asasi manusia internasional.

5. Uni Eropa secara konsisten telah menyatakan bahwa hukum yang mengkriminalisasi penistaan agama secara diskriminatif dapat menimbulkan terhalangnya kebebasan berekspresi dan atau kebebasan beragama dan kepercayaan.
(samsul arifin – www.harianindo.com)

x

Check Also

Survey, Indonesia Adalah Negara Dengan Penduduk Paling Malas di Dunia

Survey, Indonesia Adalah Negara Dengan Penduduk Paling Malas di Dunia

Jakarta – Indonesia memang kerap kali menjadi perhatian dunia dalam berbagai bidang Namun kali ini ...