Home > Ragam Berita > Nasional > Menguak Fakta Sistem Khilafah Dalam Sejarah Islam

Menguak Fakta Sistem Khilafah Dalam Sejarah Islam

Jakarta – Imdadun Rahmat, penulis disertasi “Islamisme dan Transisi Demokrasi di Dunia Muslim, Perbandingan Tuntutan Penguatan Syariat Islam dalam Amandemen Konstitusi di Indonesia dan Mesir”, berpendapat jika istem khilafah yang diusung Hizbut Tahrir itu tidak ada faktanya dalam sejarah Islam.

Menguak Fakta Sistem Khilafah Dalam Sejarah Islam

Negara Islam

Semasa Nabi Muhammad dan sahabat atau Khulafau Rasyidin hidup, masyarakat Islam pernah menerapkan macam-macam tipoligi. “Pada zaman Nabi city state, negara kota, seperti Singapura sekarang atau Athena dulu,” ungkapnya di kantor redaksi NU Online, PBNU, Jakarta, Jumat (28/4/2017) silam

Setelah itu, lanjut lulusan S3 Univeristas Indonesia itu, berubah menjadi kerajaan yang dibangun Bani Umayah dan Abasyiah. Sistem itu merupakan negara dengan pemimpin turun-temurun.

“Peralihan dari Umayah ke Abasyiah itu terjadi pembantaian habis-habisan. Mana sistem bakunya? Merujuk kepada sistem khilafah? Tidak!” ungkap Wakil Sekjen PBNU periode 2010-2015 tersebut.

Jika cita-cita khilafah tersebut menyatukan negara-negara Islam menjadi sebuah negara, sejarah Islam justru membuktikan pernah ada dua kerajaan Islam pada waktu yang bersamaan, yaitu pada zaman Abasyiyah dan kerajaan Islam di Andalusia yang merupakan kelanjutan dari Umawiyah.

Apabila merujuk pada Turki Utsmani, lanjut Ketua Komnas HAM Periode 2016-2017, itu pun bukan bentuk khilafah, tapi tetap kerajaan.

Saat ini pun, tidak ada satu negara Islam pun yang menggunakan sistem khilfah. “Mana ada negara yang setuju. Negara Islam mana pun tidak akan setuju dengan khilafah itu karena basis eksistensi negara-negara Islam, adalah nation state. Malah ada suku state. Arab Saudi itu apa kalau bukan suku state?”

Dengan demikian, menurut Imdad, penganut paham khilafah itu hanya berhenti pada keyakinan bahwa konsep mereka layak untuk diujicobakan.

Baca juga: Fadli Zon : “Vonis Ahok Sudah Sesuai Dengan Keadilan Masyarakat”

“Padahal, negara, umat, tidak boleh menjadi obyek coba-coba. eksperimen politik itu terlalu besar cost dan madrat yang akan ditimbulkannya,” ujar penulis buku Ideologi Politik PKS: Dari Masjid Kampus ke Gedung Parlemen tersebut. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Djarot Imbau Polisi Penjarakan Pemotor yang Lintasi Trotoar

Djarot Imbau Polisi Penjarakan Pemotor yang Lintasi Trotoar

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta kepada polisi untuk menindak tegas pemotor ...