Jakarta – Tim sinkronisasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno memastikan belum dapat merealisasikan program Rumah DP 0 Rupiah pada tahun 2017.

Tim Anies-Sandi Akan Lihat Dulu Kemampuan Anggaran Untuk Realisasi Rumah DP Rp 0

Ketua Tim Sinkronisasi, Sudirman Said menjelaskan bahwa program Rumah DP 0 Rupiah belum bisa dianggarkan pada 2017.

“(APBD Perubahan) 2017 enggak (masuk) lah,” kata Sudirman saat ditemui di Century Park Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (16/5/2017).

Menurut Sudirman, tidak mungkin program tersebut dianggarkan pada 2017 karena Anies-Sandi baru dilantik pada Oktober 2017 mendatang.

“Dua bulan bisa siap-siap regulasinya, aturannya, itu juga lama (dua bulan), tapi 2018 kita akan masukkan,” jelas Sudirman.

Perhitungan yang telah dilakukan oleh pakar yang dimiliki Anies-Sandi pada saat kampanye perlu dikaji kembali untuk disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Meskipun ada ancang-ancang makro, tapi kan saat menghasilkan program kita lihat kemampuan keuangan gimana. Desain waktu kampanye desainnya orang di luar struktur, nah sekarang desain itu harus disesuaikan dengan kemampuam keuangan daerah, struktur budgetnya gimana,” pungkas Sudirman.
(samsul arifin – harianindo.com)