Home > Gaya Hidup > Tips > Mengapa Bau Mulut Menyerang Saat Kita Berpuasa ?

Mengapa Bau Mulut Menyerang Saat Kita Berpuasa ?

Jakarta – Bau mulut merupakan masalah yang sering kita alami saat menjalani ibadah puasa. Jelang datangnya bulan Ramadhan, mari kita ulas beberapa cara untuk menghindari gangguan mulut itu.

Mengapa Bau Mulut Menyerang Saat Kita Berpuasa ?

Ilustrasi

“Saat berpuasa, dimana kita tidak makan atau minum cukup lama, maka asupan cairan dalam tubuh akan berkurang termasuk stimulus pada air liur atau saliva,” ujar drg. Felicia Melati, SpKGA dari Bamed Dental Care dalam temu media, Rabu (17/5/2017).

Padahal, produksi saliva yang berkurang akan berpengaruh terhadap fungsi saliva sebagai agen pembersih alami yang juga memiliki kandungan anti-bakteri dan menjaga keseimbangan bakteri dalam mulut.

Tidak semimbangnya bakteri di mulut kemudian emicu munculnya halitosis atau biasa dikenal dengan bau mulut.

Terdapat beberapa cara demi menghindari halitosis, seperti membersihkan karang gigi (scalling), membersihkan tambal gigi (jika ada), dan merawat bagian saraf gigi untuk kasus tertentu.

Salah satu solusi jitu dari halitosis adalah menggunakan obat kumur, tak sedikit orang yang memilih jalan pintas yang cepat dan ringkas tersebut. Namun, sayangnya ini bukanlah solusi jangka panjang.

Baca juga: 4 Trik Agar Karpet Selalu Bersih

“Penggunaan obat kumur hanya bersifat menutupi dan sementara saja, bukan menyelesaikan masalah. Solusi paling tepat adalah dengan memerhatikan kebersihan gigi dan mulut,” pungkas Felicia. (Yayan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Studi, Wanita Di Usia Pernikahan 6-10 Tahun Rentan Selingkuh

Studi, Wanita Di Usia Pernikahan 6-10 Tahun Rentan Selingkuh

Jakarta – Perselingkuhan adalah hal yang dibenci oleh seluru manusia di dunia. Dan setiap orang ...